Home / Headline / Investor Tiongkok Tertarik Bangun Terowongan Bawah Musi

Investor Tiongkok Tertarik Bangun Terowongan Bawah Musi

ilustrasi-immersed-tunnelPalembang, BP
Kota Palembang kembali menarik minat dari salah satu investor asal Tiongkok untuk berinvestasi membangun terowongan yang melintasi Sungai Musi. Rencananya terowongan ini akan dibangun di bagian Timur Kota Palembang atau di dekat jembatan Musi IV.

“Rencana ini sangat kebetulan seperti gayung bersambut, karena kita juga ada rencana untuk membuat jalan terowongan di Sungai Musi,” ujar Walikota Palembang Harnojoyo usai melakukan audiensi bersama PT Jakarta Mitra Graha, Selasa (15/3).

Baca:  Harno Disentil Soal Bantaran Musi yang Kumuh

Hanya saja, lanjut Harno, pembangunan terowongan yang melintasi Sungai Musi ini terkendala dengan banyaknya kapal besar yang setiap hari melintas di Sungai Musi.

“Itu saja hambatan kita, ini masih kita pelajari,” katanya.

Ia menjelaskan, terowongan ini nantinya akan diterapkan sistem berbayar seperti jalan tol. Setiap kendaraan yang akan keluar dari terowongan tersebut akan membayar sesuai tarif yang ditentukan.

Baca:  Tongkang Tabrak Tiang Pancang Musi IV

“Teknisnya nanti akan kita bahas bersama pihak terkait. Pastinya, terowongan ini akan terkoneksi dengan jalan lingkar Palembang,” imbuhnya.

Proyek ini, kata Harno, akan jadi proyek yang spektakuler karena Palembang menjadi kota pertama di Indonesia yang membangun terowongan melintasi sungai.

“Ini salah satu upaya untuk mengurangi kemacetan arus lalu lintas dari ulu dan ilir Palembang,” ulasnya.

Baca:  Teliti Struktur Tanah Sungai Musi

Pihaknya berharap, pembangunan sudah bisa dimulai dengan segera. Dalam rangka untuk mempercepat pembangunan kota Palembang sebelum Asian Games 2018.

“Kita akan pelajari berapa investasi dari investor, apakah akan sharing atau murni semua dari investor. Pemko akan mempercepat perizinan, agar pembangunan juga dapat selesai sebelum Asian Games,” tukasnya. #dil

x

Jangan Lewatkan

Jasad Putri Tersangkut di Eceng Gondok

Palembang, BP–Setelah hampir tiga hari dilakukan pencarian, akhirnya jasad Putri Kirina (9) ditemukan tersangkut tumpukan eceng gondok, di perairan Sungai ...