Home / Headline / Jembatan Amblas, Warga Danau Cala Terisolir

Jembatan Amblas, Warga Danau Cala Terisolir

Sekayu, BP
Intensitas curah hujan dan naiknya debit air Sungai Musi mengakibatkan kondisi jembatan box culvert penghubung Desa Bailangu Timur Kecamatan Sekayu, menuju Desa Danau Cala Kecamatan Lais, Senin (14/3) ambles. Amblasnya badan jembatan diakibatkan arus air yang deras sehingga mengakibatkan longsor pada badan jembatan.

Sampai berita ini diturunkan belum ada pihak dari Kabupaten yang turun kelokasi, sementara aktifitas warga   sempat terganggu akibat kondisi jembatan yang ambles terpaksa harus mengunakan jalur sungai yang jaraknya sekitar 10 KM.

“Jembatan ini akses penting bagi warga, jika putus maka kami harus melalui jalur sungai,” ujar Risma warga Danau Calai ditemui dilokasi.

Dikatakan Risma, jika sejak satu pekan terakhir air yang mengalir dibawah jembatan memang sangat deras, akibatnya tanah pada badan jembatan tergerus air dan berakibat longsor.

” Sudah lebih dari satu Minggu ini arus air di jembatan cukup deras, mungkin karena itulah jembayan ini ambles,”katanya.

Terkait hal ini Kepala Desa (Kades), Danau Cala Nazarudi mengatakan dampak dari putusnya jembatan mengakibatkan warga Danau Cala tidak bisa keluar dari dalam desa mengunakan jalur darat. Sebab selama ini hanya jembatan tersebut salah-satunya akses warga untuk keluar dari desa.

“Jembatan itu satu-satunya penghubung jalur darat bagi warga desa kami. Jika jembatan ambles, tentu saja aktifitas warga lumpuh. Maka itu kami berharap ada upaya perbaikan dari Pemerintah Kabupaten, atau perusahaan yang ada di desa ini,”ungkapnya.

Pantauan dilokasi, meluapnya sungai musi tidak hanya mengakibatkan jembatan penghubung antar desa putus, akan tetapi hampir seluruh desa yang berada dibantaran sungai ikut terendam. Adapun desa – desa yang menjadi langanan banjir jika air sungai meluap diantaranya desa Danau Cala, desa Rantau Kroya, desa Petaling, desa Teluk Kijing. /arf

x

Jangan Lewatkan

Puluhan Pelajar Terpaksa Jalan Kaki ke Sekolah

PALI, BP–Puluhan pelajar tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang berada di Desa Semangus, Kecamatan Talang ...