Home / Headline / Bupati OI Bebas Narkoba Saat Pilkada, KPU Sumsel: Tanya IDI

Bupati OI Bebas Narkoba Saat Pilkada, KPU Sumsel: Tanya IDI

Palembang, BP
Pasca Badan Narkotika Nasional (BNN) mengamankan Bupati Ogan Ilir (OI) AW Nofiadi Mawardi yang diduga terlibat menggunakan narkoba.
Bahkan disinyalir telah lama diintai, banyak orang meragukan hasil tes kesehatan keterangan bebas narkoba pada seleksi Paslon Kepala Daerah 2015 lalu.
Komisioner KPU Sumsel Divisi Hukum Pengawasan Sosialisasi dan Pendidikan Pemilu, Ahmad Naafi SH MKn mengatakan seleksi tersebut dilakukan IDI (Ikatan Dokter Indonesia).
Menurutnya, tugas KPU mengantarkan tahapan Pilkada hingga pengajuan Paslon Pilkada terpilih kepada DPRD setempat untuk dilantik.
Setelah tugas itu, sudah selesai pula kewenangan KPU sesuai dengan PKPU.
Jika setelah pelantikan Kepala Daerah itu melakukan kesalahan tindakan melawan hukum atau tindakan pidana, itu sudah kewenangan DPRD dan pemerintah untuk membahas langkah selanjutnya.
“Silahkan tanyakan ke DPRD setempat,” kata Naafi, Senin (14/3).
Terkait adanya indikasi oknum Kepala Daerah ini disebut diduga telah mengkonsumsi narkoba sudah sejak lama, menjadi pertanyaan kenapa bisa lolos dalam penjaringan Cabup pada Pilkada serentak 2015 lalu?
“Pada seleksi itu, KPU menyerahkan ke lembaga berwenang yakni Ikatan Dokter Indonesia (IDI). IDI yang menentukan sehat/tidaknya Paslon Kepala Daerah. Pada proses pemeriksaan, di situlah diketahui memenuhi syarat/tidaknya oleh KPU. Kita berpegangan dengan aturan itu. Kalau memenuhi syarat, maka Paslon akan ditetapkan. Sebaliknya kalau tidak memenuhi syarat makan tidak akan lolos. Kita menghormati lembaga yang menentukan itu, karena ada proses-prosesnya,” katanya.
Ketua IDI Sumsel, Dr Rizal Sanif SpOG mengatakan, keadaan Ovi saat mengikuti tahapan tes kesehatan dan narkoba tidak menemukan indikasi bermasalah.
“Pada saat itu bersih, tidak ditemukan indikasi pengguna narkoba, kenapa bersih saya juga tidak tahu, pada saat itu pokoknya dia bersih,” kata kepada wartawan siang tadi.
Lanjutnya, tim yang mengeluarkan hasil laboratorium. “Soal dia menggunakan narkoba atau tidak bukan hak saya untuk menjawab, karena kita hanya melakukan pemeriksaan saja dan hasil uji laboratorium dinyatakan bersih,” katanya. #osk
x

Jangan Lewatkan

Citilink Buka Rute Palembang – Semarang

Palembang, BP–Maskapai Citilink mengumumkan pembukaan rute penerbangan langsung Palembang-Semarang yang berlaku efektif 29 Oktober mendatang. Rute ini dibuka karena cukup ...