Home / Sumsel / 8 Kasus di Awal Tahun

8 Kasus di Awal Tahun

Palembang, BP
Badan SAR Nasional (Basarnas) Kota Palembang mencatat, kejadian bencana yang merenggut nyawa manusia makin sering terjadi terutama di pelayaran Sungai Musi. Awal tahun ini saja Basarnas mencatat ada delapan kasus musibah.

Humas Basarnas Kota Palembang, Taufan, mengatakan, di awal tahun ini sudah terjadi delapan kasus di perairan Sungai Musi. “Selama dua bulan di tahun 2016 saja sudah ada delapan peristiwa bencana yang merenggut nyawa terjadi di Sungai Musi, tiga kejadian di Januari, dan lima kasus peristiwa di Februari, ada peningkatan bencana yang me nyangkut keselamatan jiwa manusia di Sumsel,” katanya, Senin (14/3).

Pada tahun lalu saja, Basarnas Palembang menangani 25 kejadian yang lebih banyak merupakan peristiwa karena tenggelam.

Dikatakannya, bencana memang erat hubungannya pada korban jiwa. Sehingga, dalam upaya penyelamatan diperlukan adanya kesiapsiagaan tim dan sarana pendukung. “Biasanya saat bencana pelayaran, Basarnas tergabung bersama tim yang terdiri atas Pol Air dan TNI, guna mengevakuasi saat terjadi bencana. Begitu juga bencana penerbangan,” katanya.

Ditambahkannya, di Sumsel hampir seluruh kota dan kabupaten memiliki kerawanan akan banjir, terutama pada musim penghujan seperti saat ini. Namun banjir yang terjadi lebih bersifat musiman, yakni banjir yang berlangsung dengan waktu yang tidak cukup lama. Beberapa daerah memang terendam banjir seperti di Lahat, Pagaralam, Musi Rawas, Banyuasin, dan Musi Banyuasin, namun banjirnya mengalami pergerakan tidak cukup lama mengepung wilayah di Sumsel saat ini. Meski demikian, warga Sumsel harus juga tetap siaga dan menginformasikan kejadian bencana pada Basarnas.#pit

x

Jangan Lewatkan

Hujan Makin Sering, Waspadai DBD dan Sarang Nyamuk

Palembang, BP Cuaca yang kurang bersahabat perlu diwaspadai oleh warga Sumatera Selatan. Hingga akhir Desember, curah hujan diperkirakan masih tinggi ...