Home / Sumsel / Banyuasin / Minat KB Meningkat, Pemkab Banyuasin Kurang Dana

Minat KB Meningkat, Pemkab Banyuasin Kurang Dana

Banyuasin, BP
Minat peserta KB Vasektomi bagi pria atau Medis Operasi Pria (MOP) dan Tubektomi bagi wanita atau Medis Operasi Wanita (MOW) di Kabupaten Banyuasin meningkat, sayangnya Pemkab Banyuasin belum mempunyai cukup dana untuk mengakomodir itu.
Hal ini diakui Kepala itu Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BPPPA dan KB) Kabupaten Banyuasin, Yusrizal,  peminat KB permanen ini setiap tahun meningkat. Namun pemerintah tidak bisa mengakomodir semuanya dalam program KB gratis, karena anggarannya terbatas. “Tahun lalu kami menyiapkan untuk 50 orang, tahun ini naik menjadi 75 orang, namun jumlah tersebut masih jauh dari  cukup untuk mengakomodir semua warga yang berminat KB dengan sistem ini, untuk dibiayai pemerintah daerah,” jelasnya.
Dia menilai, tingginya minat masyarakat untuk ikut program KB dengan sistem vasektomi dan tubektomi lantaran keampuhannya terbukti 99 persen dan sangat aman. Ditambah lagi ada program gratis dari pemerintah. “Bila harus bayar, bisa jutaan, tapi anggaran terbatas. Kami hanya berikan stimulan untuk beberapa orang tertentu,l katanya.
Sementara Bupati Banyuasin Yan Anton Ferdian mengatakan akan maksimal mungkin untuk merealisasikan KB MOP dan MOW ini karena itu salah satu upaya mengentaskan pertumbuhan penduduk.

Pihaknya mengharapkan kepada instansi terkait untuk berupaya mencari anggaran dari Pemprov maupun Pemerintah pusat.

“Iya, kalau bisa tidak hanyamengandalkan anggaran dari Kabupaten saja, apalagi biayanya cukup besar,” pungkasnya. #mew

x

Jangan Lewatkan

Seminggu Enam Pengedar Narkoba Dibekuk

Palembang, BP–Dalam waktu sepekan terakhir petugas Satres Narkoba Polresta Palembang berhasil meringkus enam tersangka penyalahgunaan narkoba dari lima kasus. Kasatres ...