Home / Sumsel / Kolam Penampungan Air Dibangun di 10 Ilir

Kolam Penampungan Air Dibangun di 10 Ilir

Ketua Komisi IV DPRD Sumsel Herpanto

Palembang, BP — Dalam waktu dekat pihak Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera (BBWSS) VIII Kota Palembang segera akan membangun kolam penampungan air atau kolam retensi di wilayah 10 Ilir atau tepatnya di kawasan Ali Gathmir, 10 Ilir, Palembang,

Ketua Komisi IV DPRD Sumsel Herpanto mengatakan hal tersebut diketahui setelah pihaknya melakukan rapat bersama pihak BBWSS VIII Kota Palembang di Komisi IV DPRD Sumsel, beberapa waktu lalu.

“Jadi beberapa hari yang lalu kita melakukan rapat dengan pihak Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera  VIII Kota Palembang di mana mereka akan membangun kolam penampungan air di 10 Ilir dan dipasang mesin penyedot,” katanya, Minggu (13/3).

Baca:  Kolam Retensi di Talang Banten Segera Dibangun

Dengan adanya kolam penampungan air tersebut maka wilayah Sekip, PTC dan Patal dapat diatasi masalah banjirnya.

Dan saat ini, menurutnya, pembangunan kolam penampungan air itu  masuk tahap pembebasan lahan.

“Jadi sebelum Asian Games 2018 kolam penampungan air tersebut selesai di bangun,” katanya.
Soal anggaran pembangunan kolam penampungan air tersebut menurutnya dari anggaran APBN namun dia mengaku tidak tahu berapa jumlahnya.

Sebelumnya ratusan warga yang bermukim di kawasan Ali Gathmir, 10 Ilir Palembang, dalam waktu dekat akan pindah. Pasalnya, lahan yang mereka tempati saat ini akan dibangun kolam retensi. Paling tidak ada tiga rukun tetangga (RT) yang lahannya dibebaskan.

Baca:  Bangun Kolam Retensi RSMH

Lokasi yang digadang-gadang untuk kolam retensi tersebut tepat berada di pingiran Sungai Musi. Namun penelusuran di lapangan, ganti rugi belum semuanya rampung. Masih ada beberapa warga belum menerima uang sepeserpun. Ada lagi warga yang baru mendapat uang ganti rugi hanya separuhnya saja.

“Rumah yang saya tempati ini sudah diganti. Kami masih tinggal di sini hanya kontrak,” ujar salah seorang warga Usman.

Menurut dia, informasi yang berkembang pembongkaran akan dilakukan sekitar bulan Februari atau Maret 2016. Namun dia belum bisa memastikan karena masih ada warga yang belum mendapatkan ganti rugi. “Ada beberapa RT yang kena 5, 7, dan 17,” katanya.

Baca:  Proyek Kolam Retensi Terkendala Anggaran

Warga lainnya, mengakui telah mengetahui bakal adanya pembangunan. Namun hingga saat ini dirinya belum mendapatkan ganti rugi. “Di sini ada warga yang sudah dapat ada yang belum,” katanya.

Dirinya berharap jika wacana pembangunan memang benar adanya maka dirinya meminta untuk disegerakan ganti ruginya. Tapi jika pembangunan itu batal maka dirinya menyambut baik.

“Memasuki tahun 2016 ini belum ada lagi panggilan,” katanya.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Warga Terkejut Tanah Depan Pasar 16 Ilir Retak, Keluar Lumpur

Palembang, BP Pedagang Pasar 16 Ilir,  Palembang terkejut dan sempat menyangka terjadi gempa akibat getaran sebelum retaknya jalan dan keluarnya ...