Home / Headline / DPRD Desak Pemprov Sumsel Segera Selesaikan Jembatan Lematang II

DPRD Desak Pemprov Sumsel Segera Selesaikan Jembatan Lematang II

Palembang, BP
DPRD Sumsel mendesak kepada Pemprov Sumsel melalui Dinas PU Bina Marga Sumsel agar segera pembangunan jembatan Lematang II yang terbengkalai tiga tahun terakhir, di Desa Manggul, Kecamatan Lahat, akan kembali dilanjutkan pembangunanya karena jembatan yang tersebut menghubungkan antara kecamatan Lahat dan kecamatan Pulau Pinang.
“Jadi harus segera dianggarkan untuk finishing jembatan diantaranya untuk lantai jembatan dan lain-lain yang annggarannya kurang lebih 35 Miliar  sampai 40 Miliar,” kata Wakil Ketua DPRD Sumsel H Nopran Marjani, Minggu (13/3).
Karena menurut politisi Gerindra jembatan tersebut sudah  tidak dianggarkan dari tahun 2014 ,2015 dan 2016
“Kalau aku tidak salah pembangunan jembatan tersebut di mulai dari tahun anggaran 2011,2012 & 2013 dan sudah menghabiskan kurang lebih 30M dari APBD Sumsel,” kata Nopran.
Karena itulah pihak PU Bina Marga Sumsel harus menganggarkan dan harus menyelesaikan tahun anggaran 2017 jembatan tersebut.
Karena kalau tidak selesai selesai mubazir, anggaran sudah di gelontorkan sudah sangat besar tapi azaz manfaatnya tidak ada untuk masyarakat.
Ketua Komisi II DPRD Sumsel H Joncik Muhammad menyatakan penyelesaian pembangunan jembatan tersebut sangat penting sebab menyangkut kepentingan masyarakat dan pengembangan kota Lahat, itu sendiri.
“Karenanya kami akan memperjuangkannya. Tahun 2016, pengerjaannya akan dilanjut kembali,” katanya.
Diterangkan Joncik, setidaknya Rp 40 miliar anggaran yang disiapkan untuk penyelsaian pembangunan seperti kerangka jembatan, jalan menuju jembatan dan lainnya.
Sementara itu, Jembatan Lematang II sendiri setidaknya sudah tiga tahun terakhir terbengkalai.
Saat ini kondisi jembatan layaknya tower beton. Tiga tiang jembatan berdiri membela arus sungai lematang. Tak hanya itu, besi pada bangunan jembatan sudah terlihat berkarat.
 Warga sekitar selalu bertanya tanya kapan jembatan tersebut akan selesai. “La lamo nian tiang jembatan ini tejuguk disini. Ntah kapan nak diselesaikan,”ujar Sutarman (30) warga Lahat.
Sebelumnya, Bupati Lahat, Saifudin Aswari Rivai, SE mengatakan, Jembatan Lematang II merupakan proyek yang didanai APBD Provinsi.
Dana yang dibutuhkan untuk pembangunannya cukup besar, APBD Lahat tidak mencukupi.
Khusus untuk pembebasan lahan, pemetaan jalan sudah dilakukan Pemkab Lahat. Jembatan tersebut diharapkan dapat menurunkan angka kemacetan dan memudahkan pengendara yang hendak pergi ke Kota Pagaralam dan Provinsi Bengkulu, tanpa melalui pusat Kota Lahat.
“Jembatan ini juga akan berfungsi untuk mengembangkan pembangunan kawasan Kota dan kawasan Desa Pulau Pinang,” katanya. #osk
x

Jangan Lewatkan

Perhatikan Perbaikan Sekolah

Palembang, BP Anggota Komisi V DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) H Rizal Kenedi mengaku, komisinya beberapa waktu lalu mengunjungi SMA 3 ...