Ricardo Resmi Jabat Wakapolda Sumsel

IMG01854-20160307-1229

Brigjen Pol Ricardo Hutauruk

Palembang, BP
Berakhirnya serah terima jabatan (Sertijab) di Gedung Anton Sujarwo, Ruang Catur Cakti Mapolda Sumsel, Brigjen Pol Ricardo Hutauruk resmi menjabat sebagai Wakapolda Sumsel untuk menggantikan Brigjen Pol Syaiful Zachri, Senin (7/3).

Sedangkan, Brigjen Pol Syaiful Zachri usai acara tersebut langsung meninggalkan Mapolda Sumsel bersama istrinya untuk pergi pindah tugas dengan jabatan barunya sebagai Ispektorat wilayah Irwarsum Mabes Polri.

Bahkan, pemandangan berbeda pun terlihat pada acara tersebut seperti di sepanjang jalan dari depan pintu gerbang Mapolda Sumsel dipenuhi puluhan karangan bunga ucapan selamat Sertijab Wakapolda Sumsel.

Sebelum meninggalkan Polda Sumsel, Brigjen Pol Syaiful Zachri mengaku, kesan selama bertugas menjabat sebagai Wakapolda Sumsel, dirinya mendapat banyak sukanya daripada dukanya.

“Banyak sukanyalah selama di sini. Saya berpesan kepada jajaran Polda Sumsel untuk terus menjalankan tugas dan fungsi kepolisian sebagai pengayom dan pelindung masyarakat,” singkat jenderal bintang satu ini.

Sementara itu, Brigjen Pol Ricardo Hutauruk yang sebelumnya menjabat sebagai Ispektorat wilayah Irwarsum Mabes Polri mengatakan, ia masih baru menjalankan tugas di Mapolda Sumsel dengan jabatan sebagai Wakapolda Sumsel.

“Saya kan masih baru di Polda Sumsel jadi masih butuh adaptasi. Selain itu, saya akan mengenal terlebih dahulu masyarakat Sumsel karena saya baru pindah tugas,” katanya.

Terpisah, Kapolda Sumsel Irjen Pol Djoko Prastowo menambahkan, tak ada yang berbeda meskipun dengan Wakapolda Sumsel yang lama maupun yang baru. Kebijakannya yang sudah ada di Polda Sumsel tetap sama.

“Apa yang diperintahkan tetap harus dijalankan, semuanya tetap sama baik untuk Wakapolda baru maupun lama. Tetap tak ada kompromi dalam memberantas baik narkoba, curanmor, preman dan lainnya,” tutup jenderal bintang dua ini.

Pergantian Wakapolda Sumsel tersebut sesuai telegram rahasia (TR) yang dikeluarkan Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti dengan Nomor : ST/1476/11/2016 tanggal 28 Februari 2016 yang berisi 28 Perwira Tinggi dan Perwira Menengah di jajaran Mabes Polri yang dimutasi.

Dalam TR yang dikeluarkan Kapolri tersebut, Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Syaiful Zachri digantikan Brigjen Pol Ricardo Hutauruk yang sebelumnya menjabat sebagai Ispektorat wilayah Irwarsum Mabes Polri. #rio