Home / Headline / Muaraenim Dukung Sumsel Wujudkan Swasembada Beras

Muaraenim Dukung Sumsel Wujudkan Swasembada Beras

# Targetkan Produksi 140.985 Ton GKG

DSCN2267

Penandatangan fakta integritas target produksi padi, jagung, dan kedelai oleh Dinas Pertanian Muaraenim.

 Muaraenim, BP

Untuk  mendukung mewujudkan Indonesia dalam kedaulatan pangan serta mendukung Sumatera Selatan swasembada beras tahun 2016 ini, Bupati Muaraenim Ir Muzakir Saisohar telah menetapkan Kabupaten Muaraenim untuk tahun  2016 memproduksi sebanyak 140.985 Ton Gabah Kering Giling (GKG), kemudian produksi Jagung 13.056 ton pipilan kering serta 755 ton kedelai biji kering.

Untuk mencapai target produksi ketiga jenis komoditi tanaman pangan tersebut Pemkab Muaraenim telah menganggarakannya melalui APBD 2016  sebesar Rp43,2 miliar.

Baca:  Pemberangkatan 10.000 Ton Beras Kapal Kemanusiaan Palestina

Kepada dinas pertanian tanaman pangan dan Hortikultura Muaraenim bupati secara tegas meminta supaya dalam upaya pencapaian khusus target produksi tersebut harus turun kepetani,jangan hanya di belakang meja dan melakukan pemantauan terhadap kegiatan petani, memberikan dorongan dan pembinaan serta penyeluhuhan yang kontinyu kepada masyarakat.

Kemudian bupati juga menekankan dinas pertanian untuk melakukan koordinasi, pembinaan serta pengawalan penuh kepada petani, melakukan koordinasi kepada TNI yang membantu pensuksesan terwujudnya kedaulatan pangan secara nasional.

Baca:  Penjualan Beras Turun

Bupati juga telah memerintahkan dinas pertanian Muaraenim untuk memantau kondisi pertanian padi yang saat ini mengalami kendala pengairan karena tertimpa musibah irigasi longsor,serta sejumlah sawah yang sedang mengalami kekeringan akibat dampak dari musim kemarau tahun 2015 lalu,dimana kondisi petumbuhan tanaman padi masyarakat didaerah semende Darat Ulu kurang baik,yang seperti inilah yang perlu dikawal jangan sampai petani gagal panen.

Bupati meminta adanya peningkatan target produksi dari tahun 2015 yang ditargetkan sebanyak 138.220 ton GKG dan dapat melebihi target produksi menjadi 139.937 GKG atau melebeihi target sebanyak 1717 ton GKG. Tahun 2016 ini taget produksi dinaikkkan  menjadi 140.985 ton GKG juga dapat benar-benar tercapai,jangan hanya laporan diatas kertas saja,sekali lagi ditegaskan bupati dinas pertanian harus turun kelapangan dan kawal kegiatan petani secara maksimal.

Baca:  Pasokan Normal, Harga Beras Masih Tinggi

Dijelaskan bupati,target produksi padi sebanyak 140.985 ton GKG tersebut diharapkan dapat diproduksi dari lahan seluas 27650 hektar sawah, yakni sawah irigasi 6593 ha, sawah tada hujan 4946 ha,sawah dan sawah rawah lebak seluas 16.317 hektar.#nur

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Pemkab OKU Kembali Rekrut CPNS dan P3K Tahap II

Baturaja, BP — Kabar gembira bagi para pencari kerja yang ingin mengabdi sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai ...