Home / Headline / Semangat Bertanding dan Rebut Piala Gubernur

Semangat Bertanding dan Rebut Piala Gubernur

Sebanyak 48 tim peserta Gubernur Sumsel Cup berkompetisi menjadi yang terbaik. Event ini merupakanrangkaian promosi Asian Games 2018.


Jpeg

Jpeg

KEJUARAAN futsal terbesar di tahun 2016 siap digelar BeritaPagi Group dan Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Sumatera Selatan (Sumsel). Event bergengsi ini bernama Gubernur Sumsel Cup, yang juga menjadi rangkaian promosi Asian Games 2018, bakal digelar di lapangan futsal Momea Palembang, 12-13 Maret.

Di luar dugaan, antusias peserta dari kalangan instansi, perusahaan dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sangat tinggi. Awalnya, kejuaraan ini dibuka untuk 32 peserta, namun jumlah yang ikut mencapai 48 tim. Jumlah peserta yang mendaftar sebetulnya bisa bertambah banyak, namun panitia membatasi hanya 48 tim sesuai dengan format pertandingan.

Kuota 48 tim itu diisi Pemkab Musi Banyuasin, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Dinas Pendapatan Pengelolaan dan Keuangan Aset Daerah (DPPKAD) Muba, Angkasa Pura, Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Sumpah Pemuda (STIHPADA), PT Ayub Songket, PT Sampoerna Argo, Bank Pengkreditan Rakyat (BPR) Sumsel, IPC Pelindo Palembang, Tiki Palembang, Semen Baturaja, Dishub Sumsel, CV Bangkok Sukses, Hotel Arista, Bakorluh, Pemko Palembang, Bank Indonesia, Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel, PT Pegadaian.

Baca:  Pelindo A Melaju ke Final

Kemudian DPRD Sumsel, PT Sriwijaya Palm Oil, Juvesia Prabumulih, PT Suzuki Radial Lubuklinggau, Hydrococo, Biro Humas dan Protokol, Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Dispora Sumsel, Kejaksaan Tinggi Sumsel, Dinas Pertanian Sumsel, Hotel Swarna Dwipa, Auto 2000 Toyota, Jamkrida Sumsel, PLNS2JB, PT Putra Mega Trading dan PT Sumatera Prima Fibreboard. Selain itu, ada tim yang sudah memasang tempat seperti Bank Mandiri, PJKA, PT Perusahaan Daerah Pertambangan Dan Energi (PDPDE) Sumsel, KPU Sumsel, Pertamina, Biro Umum dan Perlengkapan Sumsel dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumsel.

“Kuota 48 tim sudah terpenuhi. Antusias peserta sangat tinggi dan target 32 peserta yang ditetapkan panitia sudah terlampaui,” kata ketua panitia pertandingan Ferly Marison, Selasa (1/3).

Menurut dia, format pertandingan Gubernur Cup memakai sistem gugur di mana pada babak penyisihan akan dibuat dua pool, masing-masing 24 tim. Selanjutnya akan diambil tiga tim dari tiap pool, yang kemudian dibagi dua grup.

Baca:  Sekda Sumsel Buka Gubernur Cup 2016

“Nanti tiga besar masing-masing pool bermain dalam dua grup di mana setiap tim saling bertemu. Tim yang paling banyak mengumpulkan poin akan bertemu di babak final. Untuk teknis dan wasit pertandingan kita bekerjasama dengan AFD Sumsel agar kegiatan ini berlangsung sukses tanpa masalah,” tegasnya.

Terkait aturan main, dia menjelaskan, akan dijabarkan oleh wasit pertandingan dan AFD Sumsel pada saat Technical Meeting (TM) pada 10 Maret, di Aula BP Group, Jalan Talang Kerangga Nomor 33. Jumlah pemain tiap tim maksimal 12 orang. Pemain yang didaftarkan boleh pemain binaan dari instansi masing-masing.

“Maksimal 12 pemain, namun bisa kurang dari situ, minimal 10 pemain. Pemain yang didaftarkan wajib membuat surat pernyataan jika pemain tersebut mewakili instansi tersebut,” tambahnya.

Baca:  Skuad Sari Roti Bantai Tim PDPDE

Kegiatan ini juga mendapat respon positif dari kalangan sponsor, seperti Angkasa Pura II, Dinkes Sumsel, Hydrococo, Alfamart, Pegadaian, Pupuk Sriwijaya, Sari Roti, Pocari Sweat, Semen Baturaja, STHIPADA dan BPR Sumsel.

“Kami masih membuka bagi instansi swasta dan pemerintah yang ingin menjadi sponsor, nanti mereka bisa memasarkan produknya di lokasi pertandingan dengan tenda yang sudah disiapkan panitia,” jelasnya.

Sekretaris AFP Sumsel Ir BW Prayoga mengatakan, turnamen Gubernur Sumsel Cup merupakan turnamen yang pertama di tahun 2016. Diharapkan acara ini sukses dan memotivasi pemain futsal untuk lebih memacu berlatih.

“Sesuai dengan program kerja AFP Sumsel tahun 2016 yang sudah diserahkan ke KONI Sumsel, akan mendorong agar instansi, perusahaan, ormas, klub, untuk lebih banyak mengadakan turnamen. Dengan harapan semakin banyak turnamen akan semakin banyak bibit baru pemain futsal. Dengan begitu persiapan Sumsel berkiprah di tingkat nasional lebih baik lagi,” tegasnya. # fer

 

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Sumsel Raih WTP Kelima

Palembang, BP Sumsel kembali meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK-RI Perwakilan Provinsi Sumsel atas ...