Home / Headline / Trans Musi Kurang 200 Bus Lagi

Trans Musi Kurang 200 Bus Lagi

#Untuk Kebutuhan Asian Games

Pemerintah Kota Palembang telah mendapat bantuan 50 unit BRT Trans Musi dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), yang dikelola oleh PT SP2J sebagai manajemennya. Namun, jumlah ini dirasa masih sangat kurang, terlebih untuk kebutuhan transportasi yang akandigunakan saat Asian Games 2018.

Lounching Trans Musi 5Palembang, BP

Sebab itu, Pemko Palembang akan minta kembali ke Dirjen Perhubungan. “Kami masih membutuhkan sekitar 200 unit bus tambahan untuk mencukupi jumlah kebutuhan ideal transportasi massal saat Asian Games berlangsung,” kata Walikota Palembang Harnojoyo, saat acara HUT BRT Trans Musi ke-6 dan launching 50 unit bus baru di Taman Bawah Jembatan Ampera, Senin (22/2).

Dikatakan Harno, pihaknya secara langsung minta kepada Dirjen Perhubungan untuk menganggarkan kembali pengadaan bantuan Bus Rapid Transit (BRT) untuk Kota Palembang tahun depan.

Baca:  Terbongkar, Ini Alasan Trans Musi Masih 'Cash' Hingga Tunggakan Utang Miliaran

“Kami mohon juga kepada yang mewakili Kemenhub agar selalu bisa membantu kami dalam mewujudkan transportasi sesuai standar nasional. Selanjutnya, ini juga bisa mengurangi kemacetan yang terjadi di Kota Palembang,” tuturnya.

Dirinya juga mengapresiasi terhadap PT SP2J yang mulai bangkit dari proses panjang yang dijalaninya. Pasalnya, untuk mendapatkan tambahan 50 unit bus ini membutuhkan pengorbanan dan perjuangan yang panjang.

“Kami berharap PT SP2J dapat maksimal mengelola Trans Musi saat ini. Kita juga siap membantu jika ada sesuatu yang sama-sama menuju kebaikan bagi Kota Palembang,” ujarnya.

Baca:  SP2J Ingin Trans Musi Terintergrasi LRT

Sementara itu, Direktur Utama PT SP2J Ahmad Nopan mengatakan, launching 50 unit bus baru ini merupakan rangkaian acara HUT BRT Trans Musi yang ke-6 sekaligus mendukung program pemerintah untuk memenuhi transportasi massal pada 2018 mendatang.

“Adanya tambahan Trans Musi baru ini, bisa membantu dan melayani masyarakat untuk memudahkan mereka bepergian dengan aman dan nyaman. Pasalnya, sesuai instruksi Kemenhub salah satu syaratnya ialah aman dan nyaman digunakan,” kata Nopan.

Nopan menambahkan, 50 unit bus ukuran besar tersebut sistem bayarannya menggunakan kartu atau smart card yang bekerja sama dengan Bank Sumsel Babel. Jadi warga bisa mendaftar atau memperolehnya di kantor-kantor cabang BSB yang ada dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Baca:  Tambah Bus Trans Musi di Bandara

“Tarifnya masih yang lama, hanya saja untuk pelajar yang berseragam akan diturunkan tarifnya. Kita berharap, adanya tambahan ini bisa mempercepat durasi jalan Trans Musi dari satu halte ke halte lainnya. Sehingga masyarakat kita tidak menunggu begitu lama lagi,” ujar Mantan Ketua DPRD Palembang ini.

Ditambahkan Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Dadan, bahwa sesuai amanat Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalulintas dan Angkutan Jalan, merupakan kewajiban pemerintah untuk menyediakan angkutan umum dengan penerapan Standar Pelayanan Minimal (SPM).

“Tujuan pengembangan angkutan perkotaan ialah bagaimana Trans Musi ini menjadi pilihan terbaik masyarakat dalam bertransportasi,” singkatnya. #

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Dodi Reza Langsung Cetak Akte dan KIA Untuk Empat Bayi Lahir 17 Agustus

Sekayu, BP– Meski momen perayaan HUT RI ke-74 merupakan hari libur nasional, namun pelayanan publik di Pemkab Musi Banyuasin tetap ...