Home / Sumsel / Menghadap Gubernur, Pj Bupati Kembali ke Jabatan Awal

Menghadap Gubernur, Pj Bupati Kembali ke Jabatan Awal

Mantan Penjabat (Pj) Bupati usai menghadap Gubernur Sumsel H Alex Noerdin di Griya Agung Palembang, Selasa (23/2). BP/HAFIDZ

Mantan Penjabat (Pj) Bupati usai menghadap Gubernur Sumsel H Alex Noerdin di Griya Agung Palembang, Selasa (23/2).
BP/HAFIDZ

#Gubernur: Robby dan Agus Bangku Panjang Dulu

Palembang, BP
Mantan Penjabat (Pj) Bupati semasa penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) serentak 9 Desember 2015 lalu telah menghadap Gubernur Sumsel H Alex Noerdin di Griya Agung Palembang, Selasa (23/2).

Terpantau hanya enam mantan Pj Bupati yang hadir di Griya Agung kemarin. Mereka yakni Maulan Aklil, Robby Kurniawan, Riki Djunaidi, Apriyadi, Richard Chahyadi, dan Agus Yudiantoro. Sementara Yulizar Dinoto tidak datang kemarin karena ada agenda penting yang tidak dapat ditinggalkan.

Alex menuturkan, para mantan Pj Bupati tersebut melaporkan bahwa mereka telah selesai menjalankan tugas sebagai kepala daerah sementara pada masa pilkada lalu.

“Ada yang kembali ke instansi asal yang saat ini masih dijabat oleh Pelaksana Tugas (Plt). Ada dua (jabatan-red) yang sudah diisi dengan definitif yakni Robby dan Agus. Sementara kembali jadi rakyat biasa,
Bangku panjang dulu,” selorohnya.

Sementara itu, Richard berujar, selaku PNS Pemprov Sumsel, dirinya telah diberi kepercayaan sebagai Pj Bupati. Untuk hal itu dirinya berterima kasih kepada Gubernur. Saat ini drinya akan kembali ke posisi semulanya menjad kepala Badan Kesbangpol Sumsel

“Secara administratif, saya dan yang lain sudah melapor ke BKD bahwa kami sudah melakukan tugas menjadi Pj Bupati. Mulai hari ini (kemarin-red) saya pribadi kembali ke Kesbangpol, kembali ke tupoksi semula,” ujarnya.

Sementara itu, Agus Yudiantoro berujar, dirinya masih menunggu arahan gubernur akan ditempatkan dimana. Dirinya mengaku belum tahu akan ditempatkan di mana nantinya. “Sambil menunggu barangkali ikut pak Richard barangkali,” candanya.

Senada, Robby Kurniawan berujar dirinya telah melaporkan sudah melaksanakan tugas dan kembali menjadi PNS Pemprov Sumsel. “Kembali ke Pemprov Sumsel, belum tahu akan ditempatkan dimana, belum ada hitam diatas putih. Masih menunggu petunjuk (gubernur-red),” ujarnya.

Sebelumnya, Apriyadi mengungkapkan, kedatangan dirinya dan rekan sesama mantan Pj Bupati lainnya untuk melapor ke BKD Sumsel bahwa pihaknya sudah selesai bertugas di kabupaten.

Mereka pun telah mendapat SK Mendagri No 131.16-462 tahun 2016 tentang pemberhentian tugas sebagai Penjabat Bupati di daerah yang ditempatkan. “Sekarang kami kembali bertugas di Pemprov Sumsel. Untuk jabatan apa, saat ini kami masih menunggu keputusan gubernur,” tuturnya.

Dirinya dan yang lainnya pun menegaskan, dimana diberikan posisi jabatan, mereka siap bekerja sebagai PNS Sumsel. “Kalau saya pribadi ada berkeinginan untuk mencalonkan diri dalam Pilkada di Muba pada 2017 mendatang. Namun saat ini belum masih PNS dan masih mengabdi di pemerintahan. Nanti setelah ada penetapan dari partai dan KPU, maka saya akan mengundurkan diri sebagai PNS,” jelas Apriyadi.

Riki Junaidi menyebutkan dirinya pun masih menunggu tugas yang akan diberikan Gubernur Sumsel untuknya. Riki disebut-sebut akan menjadi Sekda Musirawas, tempat ia ditugaskan menjadi Pj beberapa waktu lalu. Mengomentari hal itu, Riki menjawab masih menunggu penugasan untuk dirinya. “Kalau memang diminta, saya siap,” jelasnya.

Begitupun dengan Maulan Aklil. Ia meminta untuk media menunggu proses penugasan untuk dirinya. Namun diakui Maulan, ia ada niat untuk mencalonkan diri dalam Pilkada di Babel, tanah kelahirannya. “Kalau ada kesempatan, saya mau. Namun masih menunggu izin dari Gubernur. Kalau diperbolehkan, saya akan mencalonkan diri ke Babel,” ungkapnya.

Sembari bercanda dengan awak media, Maulan Aklil mantan Pj Bupati OKU mengatakan bahwa dirinya kembali membaur di tengah masyarakat. “Kembali menjadi rakyat jelata,” tuturnya.

Yulizar Dinoto pun masih menunggu Gubernur Sumsel memberikan posisi untuknya. “Belum tahu, belum diputuskan. Yang pasti sekarang menjadi staf Setda Sumsel,” beber dia.

Namun prinsipnya, kata Yulizar, dirinya akan menerima apapun tugas yang diberikan. Ia mengakui selama menjabat Pj Bupati di Ogan Ilir, begitu banyak pengalaman dan pelajaran yang diambilnya dalam pemerintahan dan pembangunan.

“Lima bulan 10 hari sudah cukup bagi saya. Ini penuh dengan arti. Saya masih menunggu Gubernur Sumsel. Kalau pensiun, di akhir tahun ini. Sebelum itu, kalau Gubernur mempercayakan saya di SKPD apapun saya siap,” terangnya.

Sementara itu, Kepala BKD Sumsel Drs Muzakir, MM mengatakan, kedatangan beberapa mantan Pj Bupati ke BKD Sumsel untuk melaporkan pasca bertugas di daerah beberapa waktu lalu. Namun untuk tugas berikutnya, para mantan Pj Bupati tersebut masih menunggu petunjuk Gubernur Sumsel.
“Kita belum tahu dimana saja posisinya dan menjadi apa. Yang pasti akan kita laporkan ke Gubernur Sumsel dulu,” tandasnya.#idz

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Catatan BPS, Nilai Ekspor Sumsel Turun 10,96 Persen

Palembang, BP Berdasarkan catatab Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumsel, nilai ekspor Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) periode Januari-September 2019 turun ...