Home / Palembang / PHK Massal Tidak Terjadi di Palembang

PHK Massal Tidak Terjadi di Palembang

lipsus_-_phk_masal_makin_nge-trenPalembang, BP

Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Palembang memastikan jika Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) secara massal tidak terjadi di Kota Palembang. Berdasarkan data dari Disnaker Kota Palembang sejak awal 2016 hingga kini baru mencatat ada 22 kasus PHK yang dialami oleh karyawan dari sejumlah perusahaan di Palembang.

“Memang di beberapa daerah di Indonesia sedang banyak PHK massal. Alhamdulillah di Palembang tidak ada, kalau bisa jangan sampai ada,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Palembang Isnaini Madani, Jumat (19/2).

Baca:  Pekerja Dibayangi PHK

Dikatakannya, pada 2015 lalu, jumlah PHK mencapai 145 kasus dari sekitar tiga ribu perusahaan yang terdata di Palembang. “Saat ini ada 22 kasus PHK yang terjadi di Palembang, namun jumlah tersebut dianggap masih hal yang normal. Ini karena, kami mengetahui itu bukan karena keterpurukan perusahaan di Palembang,” tuturnya.

Menurut Isnaini, sedikitnya jumlah perusahaan industri di Palembang, memberikan sedikit keuntungan bagi para karyawan. Pasalnya, sebagian besar perusahaan di Palembang, merupakan perusahaan jasa, bukan industri.

Baca:  Dipecat Sepihak, Karyawan Hotel Sandjaja Ngadu Ke DPRD Palembang

“Seperti yang terjadi pada Ford, jika di Pulau Jawa ada pabrik perakitan, di Palembang kan cuma penjualan sehingga tidak banyak yang di-PHK,” terangnya.

Ia menambahkan, untuk perusahaan yang memberhentikan karyawannya juga, wajib melapor ke Disnaker, dengan memberikan keterangan jelas dengan terjadinya PHK.

“Sebelum melakukan PHK, Disnaker harus memastikan bahwa perusahaan tersebut sudah memenuhi semua hak karyawan yang akan diberhentikan. Maka dari itu, kami butuh laporan PHK ,” tuturnya.

Sampai dengan saat ini, tambah dia, jumlah pengangguran yang terdata di tahun 2015 silam terdapat sebanyak 69.806 jiwa dari total 1,1 juta jiwa angkatan kerja. “Jumlah itu menurun dibanding 2014 sebesar 9,5 persen dan diharapkan pada 2016 ini bisa turun lebih besar dibanding tahun lalu,” imbuhnya.

Baca:  Pekerja Dibayangi PHK

Pihaknya juga berharap, karyawan yang merasa tak puas pun dapat melaporkan kasus PHK-nya ke Disnaker Palembang. “Kami akan berusaha untuk memediasi jika ada perselisihan antara karyawan dan perusahaan,” tukasnya. #dil 

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

PDAM Pasang 3.064 SL Sambungan Air Bagi MBR

Palembang, BP — Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi akan memasang 3.064 Sambungan Langganan (SL) bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). ...