Home / Headline / Kapolda: Tindak Tegas Polisi Nakal

Kapolda: Tindak Tegas Polisi Nakal

#Kasus Tiga Oknum Polisi Memeras

#Kasus Dua Oknum Polisi Pungli

 IMG-20160219-01548Palembang, BP
Kapolda Sumsel Irjen Pol Djoko Prastowo berjanji akan menindak tegas para anggota polisi ‘nakal’ di lingkungan Polda Sumsel dan jajaran baik yang terlibat dalam tindak pemerasan serta pungutan liar (pungli) terhadap sopir truk.

“Kami tindak tegas jika anggota kami nantinya terbukti bersalah. Dalam kasus semacam ini tidak ada yang kami tutup-tutupin,” tegas Djoko, saat ditemui usai menunaikan Shalat Jumat di Masjid Assa’adah Mapolda Sumsel, Jumat (19/2).

Ditambahkan Djoko, untuk ketiga oknum polisi berpangkat Brigpol yang diketahui bertugas patroli di Polresta Palembang dengan inisial FG, RM, dan DS yang diamankan usai tertangkap tangan anggota Paminal Polda Sumsel saat melakukan pemerasan, masih dalam pemeriksaan.

Baca:  Briptu Wahyudi Tinggal Menunggu Waktu Pemecatan

“Sudah kami amankan mereka, saat ini masih dilakukan pemeriksaan di Propam Polda Sumsel. Nantinya jika terbukti melanggar akan ditindak disiplin karena ini pelanggaran disiplin,” kata Djoko.

Disinggung apakah ketiga oknum polisi yang merupakan anggota Shabara Polresta Palembang dapat dikenakan pidana atau tidak, Djoko belum dapat memastikannya. Untuk itu pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan dari Propam Polda Sumsel.

“Dapat dipidana atau tidak akan kami lihat terlebih dahulu, karena saat ini masih diperiksa Propam, apakah melanggar dan seperti apa pelanggaran yang dilakukan anggota ini,” jelas Djoko.

Baca:  Sat Intelkam Polres Datangi Unsri Terkait Dukungan HMI pada Penolakan UKT

Sedangkan untuk kasus yang dilakukan anggota yang bertugas di Mapolsek Kertapati Palembang berinisial Bripka AHK karena tertangkap melakukan pungli terhadap sopir truk, ditambahkan Djoko, masih menunggu karena saat ini tengah dilakukan pemeriksaan oleh Propam Polda Sumsel.

“Jika yang satu polisi lainnya berhasil melarikan diri jelas bisa dikejar dan pokoknya sudah ketahuan pastinya siapa polisi tersebut,” tutur Djoko.

Mengenai laporan masyarakat jika selama ini marak oknum sabhara yang juga terlibat pungli terhadap remaja yang tengah duduk santai di kawasan Jakabaring Palembang, dikatakan Djoko, akan dilakukan pengecekan dan nantinya tak akan ditutupi.

Baca:  Ribuan Ditilang, Kesadaran Berkendara Kurang

“Kami akan tindak tegas semua anggota kepolisian kami yang melakukan tindak pelanggaran di Polda Sumsel dan jajaran,” tutup Djoko.

Sekedar mengingat, terkait maraknya polisi nakal ini, sepanjang 2015 terdapat sebanyak 237 kasus pelanggaran anggota kepolisian di Polda Sumsel dan jajaran. Dari keseluruhan total pelanggaran tersebut, sedikitnya belasan polisi nakal telah di Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) alias dipecat. #rio

x

Jangan Lewatkan

Napi Kasus Pembunuhan Meninggal Dunia

Lubuklinggau, BP–Diduga karena serangan jantung, Nasip (35), narapidana kasus pembunuhan yang kini mendekam di Lapas Kelas IIA Kota Lubuklinggau meninggal ...