Home / Advertorial / Gubernur Sumsel Minta Lestarikan Hutan, Sungai Untuk Cegah Banjir

Gubernur Sumsel Minta Lestarikan Hutan, Sungai Untuk Cegah Banjir

Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin meminta seluruh lapisan masyarakat dan intansi terkait menjaga dan melestarikan hutan di sekitar sungai untuk mencegah terjadinya banjir bandang.

Gubernur Sumsel Minta LestarikanBanjir yang sering terjadi sekarang ini akibat hutan di sekitar sungai sudah gundul. “Jadi bila musim hujan air meluap sehingga mengakibatkan banjir,” katanya. Air tidak memiliki penahanan lagi sehingga aliran air dapat meluap ke pedesaan.

Bahkan banjir bandang terjadi beberapa waktu lalu di beberapa daerah seperti Muararupit, Musirawas Utara akibat pohon penahan air tidak ada lagi.

“Jadi karena tangkapan air tidak ada lagi maka banjir dapat terjadi,” katanya.

Begitu juga perkotaan seperti Palembang, saluran air yang tersumbat menyebabkan air meluap.

Sehubungan itu pihaknya minta supaya pelestarian hutan di sekitar sungai terutama daerah hulu harus diutamakan, kata dia.

Memang, lanjut Gubernur, Pemerintah Provinsi Sumsel terus berupaya mengantisipasi banjir yang terjadi sekarang ini. Yang jelas pihaknya terus berupaya supaya banjir tidak memakan korban lebih banyak.adv

 

 

Leonardo DiCaprio Hibahkan Rp90 Miliar  Untuk Melindungi Hutan Sumatera dari Sawit

 Pekan lalu, dalam acara Crystal Award di World Economic Forum, Leonardo DiCaprio menunjukkan penentangannya terhadap perusahaan energi, baik minyak, gas, maupun batubara.

Seperti diketahui, Leo tak hanya dikenal sebagai aktor, namun juga sebagai aktivis perubahan lingkungan. Di Crystal Award, Leo menerima penghargaan atas dedikasinya di bidang lingkungan yang ia mulai pada 1998.

Menurut aktor The Revenant itu, penggunaan energi menyebabkan perubahan iklim. Leo bersikeras bahan bakar fosil harus dipertahankan di dasar laut. Sebab, kehancuran bumi adalah akibat perubahan iklim dari tangan pertama.

“Kami tak bisa tinggal diam membiarkan perusahaan tamak batubara, minyak dan gas menentukan nasib manusia,” katanya.

Selain itu, Leo juga mengindikasikan bahwa entitas pendukung kegiatan tersebut telah menyangkal pernyataannya, bahkan menutup-nutupi bukti perubahan iklim yang sedang terjadi.

“Cukup adalah cukup. Kalian lebih mengetahuinya. Dunia lebih mengetahuinya. Sejarah akan menyalahkan mereka,” ujar peraih tiga kali piala Golden Globe dan nominator Oscar 2016 itu.

Untuk menyelamatkan bumi, Leo meminta agar penggunaan bahan bakar fosil dihentikan. Sebab, bahan bakar ini bisa membuat ketergantungan.

Selain itu, Leo juga mengumumkan bahwa yayasannya, Leonardo DiCaprio Foundation, telah mengumpulkan dana hibah sebesar US$ 15 juta (Rp207,7 miliar) untuk mendukung perlindungan lingkungan.

Salah satu tujuan dana hibah ini adalah Sumatera, Indonesia senilai US$ 6,5 juta (Rp90 miliar).

Dana ini hibah ini ditujukan untuk melindungi hutan hujan dari kerusakan akibat industri kelapa sawit. Pimpinan Komisi VI DPR RI Dodi Reza Alex mengapresiasi apa yang dilakukan Leonardo DiCaprio tersebut.

“Setelah pertemuan antara Gubernur Sumsel dan Leonardo DiCaprio pada Forum Global Leader on Climate Change, 4 December di Paris, akhirnya aksi nyata sang bintang Hollywood terhadap hutan Sumatera terwujud. Salam lestari!,” kata Dodi dalam account Facebook-nya, Jumat (5/2). Adv

 

Pemerintah Inggris Siap 

Merestorasi Lanskap Karhutla Sumsel

Sehari setelah ditandatanganinya MoU antara Pemerintah Sumatera Selatan dan IDH The Sustainable Trade Initiative di Amsterdam, berikutnya, Jumat (4/12), Gubernur Sumsel H Alex Noerdin melakukan pertemuan dengan Direktur Jenderal Country Programme  Kementerian/Department For International Developmen (DFID) Mrs Joy Hutcheon di London Inggris.

Pemerintah Inggris akan melakukan program restorasi lanskap Sumatera Selatan sebagai model pengelolaan Restorasi Lanskap Hutan berkelanjutan Dunia.

Alex tampil pada Forum Global Leader Summit Konferensi Perubahan Iklim CoP 21 Paris bersama Al Gore, Walikota Berlin dan CEO Unilever Paul Polman, dan diwawancarai secara khusus oleh Leonardo DiCaprio.

Rangkaian kegiatan Gubernur Sumsel H Alex Noerdin pada Konferensi Perubahan Iklim Dunia CoP 21 Paris telah membuahkan hasil dalam upaya Provinsi Sumsel untuk mewujudkan Kemitraan Pengeloaaan  Lanskap/Ekoregion yang terpadu dan berkelanjutan atau Integrated Sustaibable Ecoregion Management Partnership.

Rangkaian kegiatan Gubenur Sumsel H Alex Noerdin pada kegiatan CoP tersebut selain penandatangan MoU antara Pemerintah Sumsel dengan IDH The Sustainable Trade Initiative di Amsterdam dan mendiskusikan tentang rencana implementasi program dengan Direktur Jenderal Country Programme Kementerian/Department For International Developmen (DFID) Inggeris dan Direktur Jenderal ZSL di London, juga berbicara pada Forum Global Leader  Summit di Paris.

Pilot proyek yang telah dirintis dan akan segera diimplementasikan di Sumsel mulai Januari 2016 yakni restorasi lanskap di Kawasan Hutan Dangku Musi Banyuasin dan Taman Nasional Sembilang Banyuasin.

Kegiatan tersebut merupakan suatu kerja sama internasional antara Pemerintah Inggris dan Pemerintah Norwegia yang didukung oleh IDH dari Belanda dengan pelaksana kegiatan di lapangan oleh ZSL London.

Rencana aksi telah disiapkan untuk jangka waktu 5 tahun, 2016 – 2020, yang disinergikan dengan rencana Pemerintah Provinsi Sumsel melalui kegiatan Desa Peduli Api (Fire Free Village) untuk pengendalian kebakaran hutan dan lahan secara dini.

Terkait inisiasi kegiatan restorasi lanskap tersebut, Gubernur Sumsel H Alex Noerdin telah diundang untuk berbicara pada forum Global Leader Summit di Paris Jumat 4 Desember 2015 bersama tokoh-tokoh terkemuka di dunia yakni Al Gore, Paul Polman CeO Unilever dan Walikota Berlin.

Alex Noerdin mendapat apresiasi yang luar biasa dari peserta yang hadir dari berbagai delegasi negara-negara peduli perubahan iklim karena secara gamblang dan berani mengemukakan kebakaran lahan di Sumsel dan menyampaikan solusi melalui kegiatan kemitraan pengelolaan lanskap. Alex Noerdin merupakan satu-satunya tokoh dari Indonesia yang tampil pada forum tersebut.

Setelah berbicara pada forum tersebut, H Alex Noerdin secara khusus diwawancarai oleh Leonardo DiCaprio untuk menjelaskan tentang kebakaran lahan dan rencana restorasi lanskap di Sumsel.

Pada kesempatan berikutnya H Alex Noerdin dijadwalkan untuk berbicara  pada Global Landscape Forum (GLF) dan Indonesian Pavilion.  Di Indonesia Pavilion, Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mendapat kehormatan satu-satunya Gubernur di Indonesia mewakili Provincial Government untuk menyampaikan tentang kegiatan REDD+ dan  penurunan emisi melalui kemitraan antara pemerintah, pelaku usaha  dan masyarakat atau Public Private People Partnerships.

Sumsel dalam mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan pada Tahun 2016 melalui APBD Sumsel telah menganggarkan kegiatan untuk 25 lokasi Desa Peduli Api dan juga telah mendapat dukungan dari anggaran CPO Fund Badan Pengelola Dana Perkebunan sebanyak 25 lokasi.

Dari dana transisi REDD+ Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, yang didukung oleh Pemerintah Norwegia, akan disiapkan berbagai aktifitas yang menyangkut pemberdayaan masyarakat di lokasi rawan kebakaran dan juga kegiatan pembenahan  pengelolaan tata air gambut yang akan dikerjasamakan dengan Perguruan Tinggi, LSM dan Donor Internasional lainnya.

Kegiatan tersebut telah mendapat komitmen dan dukungan kemitraan dari 23 perusahaan yang bergerak di sektor usaha perkebunan kelapa sawit dan Hutan Tanaman Industri (HTI).adv

 

KOMENTAR

Harus Didukung 

Apriyadi, PLT Bupati Pali

Sangat mendukung dengan imbauan Pak Gubernur Sumsel  dan harus didukung sepenuhnya oleh seluruh kabupaten/kota di Sumsel agar bisa terlaksana dengan sukses.

 

Siap Dukung

Eman Satria Hady,SIP,MSi, Sekretaris DPD KNPI Sumsel

Kita dukung imbauan Pak Gubernur karena  memang pada saat ini pasca kabut asap yang diakibatkan oleh pembakaran hutan oleh tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab, tempat-tempat yang dulu tidak banjir sekarang menjadi banjir. Aksi nyatanya harus dicanangkan gerakan menanam pohon dan KNPI Sumsel siap memelopori dan mendukung gerakan tersebut.

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Forum Pemuda NKRI Kutuk Pengeboman di Samarinda

Palembang, BP Pengeboman yang terjadi  depan gereja Oikumene di Samarinda, Kalimantan Timur  yang terjadi Minggu (31/11), mendapat reaksi serta kecaman ...