Home / Pendidikan / Kota Palembang Kekurangan Guru SD 1.009 Orang

Kota Palembang Kekurangan Guru SD 1.009 Orang

DSCN3769Palembang, BP
Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palembang Ahmad Zulinto mengaku kota Palembang kekurangan guru Sekolah Dasar (SD) sebanyak  1.009 orang.
“Untuk guru SMP di kota Palembang kita cukup dan ada beberapa bidang studi yang lebih, SMA ada beberapa yang lebih tapi SD kita kekurangan guru,” katanya usai rapat tenaga honor K2 di DPRD Sumsel, Senin (15/2).
Sedangkan sekolah SMK pihaknya kekurangan guru produktif sebanyak 300 orang karena sudah pensiun dan mereka tetap di pakai karena hingga kini belum ada guru pengganti.
“Pemerintah harus mengangkat guru, itu solusinya. BOS tidak akan mampu membayar mereka, kalau terus bertambar honor BOS tidak terbayar dan  ada batasannya dana BOS itu, SMA/SMK dengan sekolah gratis terbatas,” katanya.
Padahal sudah tiga tahun terakhir Pemkot Palembang sudah mengusulkan penambahan guru tersebut namun quotanya tidak dapat karena memang guru di Palembang sudah S1.
“Jasa-jasa guru honor itu memang sangat dibutuhkan, kita kurang guru, pemerintah pusat harusnya verifikasi langsung ke daerah-daerah, berapa betul kebutuhan guru dan harus dipenuhi, tidak ada alasan,  aturan memang betul tapi kita harus tahu kebijakan itu dibuat untuk apa, kalau kekurangan guru kita harus lakukan kebijakan-kebijakan, revisi aturan dan sebagainya,” katanya.
Untuk kesejahteraan guru, PGRI sudah selalu mengajukan Upah Minimun Guru (UMG) Rp1 juta per bulan namun sampai sekarang tidak ada realisasi sampai sekarang .
“Kami menghimbau sebagai pengurus PGRI, kepada pengurus PGRI kabupaten dan kota untuk segera beraudiensi bersama DPRD kabupaten /kota dan bupati dan walikota, sampaikan keinginan organisasi itu bahwa guru-guru honor utamanya K2 ini tolong dipikirkan UMGnya dulu, kalau tidak mencapai Rp1juta karena kondisi keuangan apa tidak Rp500 ribu satu bulan cukup lumayan  untuk menambah honor mereka, kami minta pemerintah kabupaten dan kota memperhatikan kesejahteraan guru-guru,” katanya.
Apalagi di kota Palembang jumlah gurunya 12 ribuan untuk SD, SMP dan SMA/SMK.#osk
Baca:  Kabupaten Muba Siap Bayar Gaji Guru Honor
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

5.100 Peserta ‘Berebut’ Masuk Polsri Jalur UMPN 2019

Palembang, BP Sebanyak 5.100 lulusan SMA/SMK sederajat dipastikan ikut dalam tes masuk Politeknik Negeri serentak se Indonesia khusus tujuan Politeknik ...