Home / Headline / Dempo Diguncang Gempa Vulkanik

Dempo Diguncang Gempa Vulkanik

Gunung-dempo-berpayung-awanPagaralam, BP

Gunung Dempo diguncang Gempa vulkanik, meski belum berdampak pada peningkatan aktivitas gempa vulkanik tersebut bisa memicu terjadinya aktivitas lainya.

Ketua Pos Pengamatan Gunung Api Dempo Mulyadi, siang ini, mengatakan, berdasarkan data yang ada sepanjang pekan lalu, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi melalui Pos Pengamatan Gunung Api Dempo, berhasil merekam intensitas terjadinya gempa vulkanik yang mengiringi aktivitas kegempaan Gunung Api Dempo di Kota Pagaralam.

Baca:  Angin Badai Landa Puncak Dempo, Pendakian Ditutup

“Meski terjadi gempa vulkanik status gunung api Dempo berada di level I aktif normal, terjadi serentetan kegempaan vulkanik yang berhasil terekam alat seiemograf sejak sepekan lalu, baik berupa vulkanik dalam, vulkanik dangkal maupun vulkanik jauh,” katanya.

Dikatakan Mulyadi sepanjang hari, mulai 7 hingga 13 Februari 2016 lalu telah terjadi sebanyak tigakali kegempaan vulkanik dangkal, satukali vulkanik dalam dan satukali vulkanik jauh. Sedangkan pengamatan secara visual, cuaca di puncak gunung Dempo terkadang cerah tampak jelas, sering pula diselimuti awan tebal diiringi intensitas hujan deras.

Baca:  Gunung Dempo Aman Untuk Wisatawan

“Mengenai suhu permukaan kawah Dempo masih normal. Asap kawah nihil, tidak ada terjadi embusan maupun gelembung udara di dalam kawah Dempo. Dan berdasarkan hasil pengamatan tersebut, status gunung api Dempo tetap berada di level I aktif normal,” katanya.

Meski tetap berada di level I, Mulyadi menambhakan pihak Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi melalui Pos Pengamatan gunung api Dempo akan terus melakukan pemantauan serta evaluasi secara intensif, guna mengantisipasi segala hal yang tidak diinginkan diakibatkan fenomena alam yang tidak bisa diprediksi sebelumnyaa.

Baca:  Gunung Dempo Aman Untuk Wisatawan

“Masyarakat maupun pecinta alam yang melakukan aktivitas, baik itu di sekitar kawasan hingga puncak Dempo, diminta selalu meningkatkan kewaspadaan, terutama jika terjadi fenomena alam sewaktu-waktu dapat berubah,” katanya.#dar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Gulung Lubuk Linggau, Futsal PALI Puncaki Klasemen

Prabumulih, BP–Pertandingan sengit pada Pertandingan Futsal Putra Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) antara Lubuk Linggau melawan PALI berakhir dengan skor akhir ...