Home / Advertorial / Pembangunan Infrastruktur Asian Games di Palembang Terus Dipacu

Pembangunan Infrastruktur Asian Games di Palembang Terus Dipacu

Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin mengatakan pembangunan infrastruktur di Sumsel terus dipacu karena sebagai tuan rumah penyelenggara Asian Games ke 18 pada tahun 2018, Palembang membutuhkan ketersediaan fasilitas pendukung.

BP/MARDIANSYAH PEMBANGUNAN JALUR LRT-Sejumlah pekerja sedang melakukan pembangunan jalur LRT disalah satu titik jalan Jenderal Sudirman kawasan Pasar Cinde Palembang, Senin (1/2).

BP/MARDIANSYAH
PEMBANGUNAN JALUR LRT-Sejumlah pekerja sedang melakukan pembangunan jalur LRT disalah satu titik jalan Jenderal Sudirman kawasan Pasar Cinde Palembang, Senin (1/2).

“Pembangunan sejumlah proyek di Sumsel terus dipacu, selain sebagai persiapan Asian Games juga untuk meningkatkan perekonomian daerah,” kata Alex Noerdin usai mengikuti rapat koordinasi bersama Menteri Perhubungan Ignasius Jonan di Jakarta, Kamis (11/2).
Rapat koordinasi yang dihadiri gubernur se-Sumatera itu untuk membahas perkembangan transportasi antara pusat dan daerah.
Lebih lanjut dia mengatakan, pembangunan infrastruktur di Sumsel itu terus dipacu bukan lantaran akan menjadi tuan rumah Asian Games melainkan karena itu diperlukan juga sebagai pendukung pengembangan perekenomian daerah dan memperlancar arus lalulintas.
Memang, lanjut gubernur, rapat koordinasi itu cukup penting supaya daerah dapat mengusulkan anggaran yang dibutuhkan termasuk kepentingan lainnya.
Bahkan, dalam rapat itu pihaknya mengusulkan antara lain anggaran pembangunan trans Sumatera Rp5 miliar yang seharusnya Rp10 miliar hingga Rp15 miliar untuk pembebasan lahan.
“Apalagi pembebasan lahan perlu mendapat perhatian serius sebab prosesnya selalu menjadi komponen tersulit dalam sebuah proyek pembangunan,” katanya.
Selain proyek Trans Sumatera, Pemprov Sumsel juga menargetkan memasang kamera pengintai (CCTV) di jalan nasional yang ada di daerah ini, terutama untuk keselamatan berlalu lintas di jalan.
“Rencananya ada 600 titik CCTV yang akan kita pasang di Kota Palembang dengan estimasi anggaran Rp289 miliar,” katanya.
Sementara untuk bandar udara, gubernur mengatakan, pihaknya siap menyerahkan ke pemerintah pusat di antaranya Bandara Silampari di Kota Lubuklinggau dan Bandara Atung Bungsu di Pagaralam serta Bandara Banding Agung di Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan.
Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dalam acara tersebut menyampaikan bahwa Kemenhub akan mengalokasikan anggaran pada 2016 sebesar Rp48,46 triliun dengan fokus kerja peningkatan keselamatan dan keamanan transportasi, peningkatan kualitas pelayanan, peningkatan kapasitas, tata kelola dan regulasi.adv

——
Momentum Untuk Benahi Transportasi di Palembang
Bus kota dan angkutan perkotaan yang menggunakan mobil jenis minibus sebagian besar kondisinya sudah tua dan sangat tidak nyaman digunakan sebagai alat transportasi bagi warga Bumi Sriwijaya itu. Apalagi, untuk tamu asing dari berbagai negara kawasan Asia yang akan datang mengikuti event olahraga tersebut.
Menyadari kondisi tersebut, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan bersama Pemerintah Kota Palembang berupaya melakukan pembenahan transportasi massal dengan dukungan pemerintah pusat.
Untuk melakukan pembenahan transportasi massal itu, dilakukan berbagai upaya peremajaan bus dan angkutan perkotaan, pembangunan jalur rel kereta ringan atau light rail transit (LRT), pembangunan jembatan layang, serta beberapa jembatan Musi sebagai jembatan alternatif penghubung kawasan Seberang Ilir dengan Seberang Ulu selain Jembatan Ampera yang kondisinya saat ini selalu mengalami kemacetan arus lalu lintas.
Khusus pembangunan jalur LRT, Pemerintah Provinsi Sumsel dengan dukungan pemerintah pusat sejak akhir 2015 telah memulai pembangunannya.
Pembangunan jalur kereta LRT dari Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II menuju kawasan pusat fasilitas olahraga terpadu Jakabaring Palembang sepanjang 25 kilometer telah berjalan sekitar 2 bulan.
Pembangunan LRT itu diupayakan selesai tepat waktu sehingga dapat memudahkan transportasi dan mobilisasi atlet, panitia, dan tamu pendamping dari 40 negera Asia ke tempat pertandingan dan penginapan.
Pembenahan transportasi massal dengan membangun jalur rel LRT merupakan terobosan yang besar dan kebanggaan tersendiri bagi masyarakat provinsi ini karena belum ada di daerah lain.
Sebelumnya, Menteri BUMN Rini M Soermarno mengatakan, pembangunan LRT di Ibukota Provinsi Sumsel yang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 menjadi perhatian pihaknya dan diupayakan dukungan secara maksimal.
Pengembangan transportasi massal yang modern menjadi prioritas bagi pemerintah pusat karena itu merupakan sarana dan prasarana yang diperlukan dalam mengurangi kemacetan di Kota Palembang yang pertumbuhan kendaraannya tidak seimbang dengan penambahan infrastruktur jalan dan jembatan.
“Yang jelas Sumsel akan menjadi pelaksana Asian Games bersama DKI Jakarta sehingga berbagai kegiatan pembangunan yang disiapkan untuk mendukung pesta olahraga negara-negara di Asia itu diupayakan berjalan dengan baik,” kata Rini.adv

KOMENTAR

Dukungan Secara Penuh

Sri Sulastri, SH, MHum, Akademisi
SELAIN pembangunan infrastruktur terkait dengan Asian Games, yang juga harus menjadi pemikiran adalah sarana lain yang dapat meningkatkan gairah perekonomian dengan akan dilaksanakannya multievent olahraga Asia tersebut.
Salah satunya adalah program yang berkaitan dengan sarana parawisata harus dipercantik agar dapat dijadikan kebanggaan provinsi Sumsel. Hal ini tidak akan berjalan baik bila kabupaten/kota belum mendukung secara penuh. Artinya ada sinergi antara provinsi dan kabupaten /kota.
Masyarakat juga harus turut berpartisipasi, terutama untuk membuat kreativitas yang bisa dijual bagi wisman atau atlet.


Gubernur yang Visioner

Rosyidah M Rozali, Jurnalis

 

Kita bersyukur Sumsel punya Gubernur yang visioner. Dengan Sumsel jadi tuan rumah Asian Games, Pemerintah Pusat wajib membangun sarana dan prasarana untuk  perhelatan internasional itu. Sebab bukan nama Sumsel yang dipertaruhkan, melainkan Indonesia. Apalagi dampaknya positip bagi rakyat Sumsel. Karena  Infrastruktur yang dibangun itu dinikmati oleh rakyat.

 

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Forum Pemuda NKRI Kutuk Pengeboman di Samarinda

Palembang, BP Pengeboman yang terjadi  depan gereja Oikumene di Samarinda, Kalimantan Timur  yang terjadi Minggu (31/11), mendapat reaksi serta kecaman ...