Home / Headline / Warga 1 Ulu Terima Bantuan Kemensos

Warga 1 Ulu Terima Bantuan Kemensos

20130711penyaluran-pkh-2--feny-Palembang, BP
Penyaluran bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) melalui Program Keluarga Harapan (PKH) tahap akhir untuk tahun 2015 dilaksanakan di Kantor Pos Merdeka, Kamis (11/2).

Penyerahan dilakukan langsung oleh Walikota Palembang Harnojoyo bersama Kepala Regional III PT Pos Indonesia Dimat Tjahrudi, beserta jajaran PT Pos dan pendamping PKH.

Kepala Regional III PT Pos Indonesia Dimat Tjahrudi mengatakan, sebanyak 215 Rumah Tangga Sasaran (RTS) yang mendapat bantuan PKH pada tahap akhir tahun 2015.

“Yang menerima bantuan PKH tahap akhir merupakan warga 1 Ulu. Ini berarti untuk tahun 2015 bantuan PKH sudah tersalurkan 100 persen,” jelasnya, Kamis (11/2).

Sementara untuk penyaluran bantuan PKH 2016, bebernya, akan dimulai pada April mendatang. Pihaknya akan melakukan verifikasi ulang terhadap RTS melalui tenaga pendamping PKH yang sudah dipekerjakan sejak awal program PKH berjalan di 2007 lalu.

“Kita akan mulai lagi April nanti. Sebelumnya petugas pendamping akan melihat kembali data penerima, kemungkinan bisa berkurang atau juga bertambah,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, ke depan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak sekolah dan Dinas Sosial (Dinsos) untuk melakukan verifikasi agar penerima bantuan PKH lebih tepat sasaran.

“PKH lebih terkendali jika dibandingkan program bantuan sebelumnya. Ini karena di program ini ada pendamping yang berfungsi sebagai koordinator untuk warga yang layak menerima,” tuturnya.

Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan, saat ini tingkat kesejahteraan warga sudah lebih meningkat. Hal ini terbukti dengan berkurangnya penerima bantuan PKH.

“Pada penyaluran di triwulan akhir 2015 ini penerima dana bantuan berkurang terhitung dari 19.508 RTS di triwulan pertama hingga akhir Desember menjadi 19.157 RTS,” katanya.

Ia berharap, penerima bantuan tersebut dapat terus berkurang pada tahun berikutnya. Bantuan dari pemerintah pusat ini memang sangat berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat.

“Mudah-mudahan warga juga dapat memanfaatkannya dengan baik, terutama untuk mencukupi gizi anak dan meningkatkan kecerdasan generasi muda,” imbuhnya.

Untuk diketahui, besaran nominal yang diberikan pada penerima PKH berkisar antara Rp600 ribu hingga Rp 2,2 juta pertahun. Hal ini tergantung pada kriteria yang ada pada masyarakat. Mulai dari jumlah anak tiap kepala keluarga dan tingkat pendidikan. #dil

x

Jangan Lewatkan

Sungai Musi Ditutup Tujuh Jam, Kapal Tongkang Dilarang Melintas

  Palembang, BP–Memasuki tahap pengerjaan girder kereta api ringan atau light rail transit (LRT) Palembang, khususnya di alur tengah Sungai Musi. PT Waskita ...