Home / Headline / Gubernur Pertama Terima Anugerah Tertinggi IPDN

Gubernur Pertama Terima Anugerah Tertinggi IPDN

Anugerah Tertinggi IPDN Jatinangor, BP

Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) untuk pertama kalinya menganugerahkan Tanda Penghargaan Astha Brata Madya Utama Pamong Praja kepada Gubernur di Indonesia. Penghargaan tertinggi milik IPDN ini diberikan kepada Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin.

Menurut Gubernur IPDN Ermaya Suradinata, dipilihnya Alex Noerdin sebagai penerima penghargaan Astha Brata Madya Utama Pamong Praja karena telah berjasa terhadap pengembangan daerah serta memberdayakan alumni IPDN di Sumsel.

“Kita butuh waktu lama untuk memberikan penghargaan ini. Pasalnya penerima penghargaan ini harus memenuhi beberapa nilai yang kita tetapkan,” ungkap Ermaya usai menyerahkan Tanda Kehormatan Astha Brata Madya Utama Pamong Praja di Kampus IPDN Jatinangor, Rabu (10/2).

Baca:  Alex  Noerdin 'Pukau' Ribuan Generasi Muda

Ditambahkan Ermaya, salah satu unsur yang dinilai yakni komitmen tentang pembangunan dan membangun pemerintahan daerah sebagaimana diatur dalam Undang-Undang 32 dan 23 bahwa Ikatan Keluarga Alumni Perguruan Tinggi Kepamong Prajaan (IKA-PTK) ada dalam kedinasan. Dan itu dibuktikan dalam kerja nyata yang dilakukan oleh Alex Noerdin di Sumsel.

“Sebelumnya kami sudah mengirimkan tim penilaian untuk turun langsung ke lapangan, dan hasil konkretnya berdasarkan persentasinya alumni IPDN di Sumsel merupakan tertinggi yang diberdayakan. Ini berkat andil dari Pak Alex, sebagai Kepala Daerah terhadap negara ini bukan hanya bagi Sumsel,” lanjut Ermaya.

Dikatakannya lagi, membangun negara harus dilakukan terlebih dahulu di daerah. Untuk itu, sangat dibutuhkan komitmen, peran dan fungsi dari Kepala Daerah terhadap rakyatnya.

Baca:  Nakhodai KONI Sumsel, Alex: Pertaruhan Nama Bangsa

Sementara itu, Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mengungkapkan, penghargaan yang diberikan kepada dirinya merupakan kebanggaan tersendiri. Terlebih, dirinya dinobatkan sebagai Gubernur pertama di Indonesia yang menerima Tanda Penghargaan Astha Brata Madya Utama Pamong Praja.

“Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada keluarga besar IPDN, penghargaan ini merupakan kehormatan yang tidak terhingga bagi kami,” ungkap kata Alex usai menerima Tanda Kehormatan.

Menurut dia, untuk meraih penghargaan ini bukanlah mudah lantaran dirinya harus bekerja sama dalam waktu yang cukup lama, tentunya dibantu oleh alumni IPDN yang berada di Sumsel. Betapa tidak, usaha itu sudah dirintisnya sejak menjabat Bupati Musi Banyuasin hingga menjadi Gubernur Sumsel selama dua periode.

Baca:  PCI Siap Bibitkan Atlet di Sumsel

“Puluhan tahun membangun daerah. Berdasarkan pengalaman kami selama menjabat Bupati Muba dan Gubernur Sumsel masing-masing dua kali, birokrat yang paling baik itu adalah lulusan IPDN. Kita sudah buktikan itu bukan cuma ngomong saja,” tegas Alex.

Dia menyebut, salah satu contohnya yakni ditunjukkan alumni IPDN sebagai Penjabat Bupati di sejumlah daerah di Sumsel. Menurut dia, Penjabat Bupati lulusan IPDN terbukti memberikan warna yang lain di daerah yang dia pimpin. #ril/idz

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Tim Satgas Percepatan Infrastruktur Listrik Tinjau Lokasi Pemasangan Transmisi Listrik ke Lalan 

LALAN, BP–Tim satgas percepatan infrastruktur kelistrikan yang di bentuk Bupati Muba H Dodi Reza Alex Noerdin, dan dikomandoi langsung oleh ...