Home / Headline / 7 Bupati-Wabup Dilantik 17 Februari

7 Bupati-Wabup Dilantik 17 Februari

1443803412Palembang, BP

Pelantikan bupati-wakil bupati terpilih hasil pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak akan diselenggarakan 17 Februari mendatang, menyusul telegram yang dikirimkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo kepada seluruh daerah penyelenggara Pilkada serentak.

Kepala Biro Otonomi Daerah (Otda) Setda Sumsel Drs Amsin mengatakan, telegram tersebut telah diterima Pemprov Sumsel pada 5 Februari dan telah diserahkan kepada Gubernur Sumsel H Alex Noerdin. Isinya, Mendagri menginstruksikan agar pelantikan bupati-wakil bupati dilakukan pada 17 Februari.

“Pelantikan akan dilakukan langsung oleh Gubernur Sumsel di Palembang Sport Convention Center (PSCC) karena daya tampung gedung tersebut lebih besar daripada Graha Bina Praja yang biasa menjadi tempat pelantikan,” ujarnya, Selasa (9/2).

Baca:  Maret, Bupati-Wabup Terpilih Sudah Dilantik

Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Sumsel Drs Ikhwanuddin mengatakan, sebelumnya pihaknya telah mengajukan SK pelantikan ke Kementerian Dalam Negeri. Pihaknya pun siap menyelenggarakan pelantikan tersebut secepatnya.

“Saat pelantikan nanti, selain akan menghadirkan seluruh lapisan pemerintah tujuh kabupaten dan DPRD masing-masing daerah, juga akan diundang tokoh masyarakat serta instansi vertikal lainnya,” ujarnya.

Jelang pelantikan, Pemprov Sumsel sudah berkoordinasi dengan pihak keamanan baik kepada Kodam II/Sriwijaya maupun ke Polda Sumsel. Ikhwanuddin menuturkan, pihaknya akan menggelar pelantikan di PSCC karena dipastikan banyak yang akan hadir apabila ketujuh pasang kepala daerah dilantik secara bersamaan. Untuk urusan kapasitas, PSCC memang jauh lebih luas ketimbang Graha Bina Praja di Kantor Gubernur Sumsel yang biasa menjadi lokasi pelantikan kepala daerah. PSCC diketahui dapat menampung hingga 4.000 lebih orang.

Baca:  Inilah Janji Politik 7 Bupati Usai Pelantikan

Ikhwanuddin menuturkan, ada dua gelombang pelantikan kepala daerah di Indonesia, yakni pada Maret dan Juni. Karena Pilkada serentak di Sumsel untuk tujuh kabupaten berjalan lancar dan tak ditemukan masalah, maka pelantikan bisa dilaksanakan secepatnya.

Seperti diketahui pasangan kepala daerah terpilih Kabupaten Ogan Ilir (OI) yakni AW Nofiadi Mawardi-M Ilyas Panji, Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Heri Amalindo-Ferdian Andreas Lacony, bupati-wabup Ogan Komering Ulu (OKU) terpilih yakni Kuryana Aziz-Johan Anwar, OKU Timur M Kholid-Fery Antoni, OKU Selatan Popo Ali Maropoi-Sholehien Abuasir, Musirawas oleh Hendra Gunawan-Suwarti, dan Muratara Syarif Hidayat-Devi Suhartoni. # idz

Baca:  200 Polisi Amankan Pelantikan Tujuh Bupati

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

DPRD Sumsel Minta Inventarisir Ulang Lahan Pemprov Yang di BOT

Palembang, BP   Juru bicara Fraksi PDI Perjuangan HA Syarnubi SP MM meminta perhatian pemprov melalui BPKAD bidang aset untuk ...