Home / Sumsel / Banyuasin / Yan Anton Lantik Juru Pemantau Jentik Nyamuk

Yan Anton Lantik Juru Pemantau Jentik Nyamuk

DE_SIAGA DEMAM BERDARAH (6)Banyuasin, BP
Guna mengatasi perkembangbiakan nyamuk di sekolah-sekolah, Dinas Kesehatan dan Puskesmas di Banyuasin membentuk Juru Pemantau Jentik Nyamuk (Jumantik) di setiap kecamatan dan sekolah Banyuasin.
Seperti yang dilakukan Puskesmas Pengumbuk, dua pelajar dilantik SD dilantik menjadi Jumantik. Pelantikan langsung dilakukan oleh Bupati Banyuasin Yan Anton Ferdian. Dengan menyematkan pin khusus jumantik kepada dua pelajar di wilayah Puskesmas Pengumbuk.
“Kita berharap jumantik mampu menjadi penyemangat teman-tewannya dan warga sekitar untuk menjaga kebersihan dan memberantas jentik nyamuk di wilayahnya masing-masing,” kata Bupati.
Karena banyak penyakit berbahaya, ditambahkan Kadis Dinkes Banyuasin Masagus Hakim, setiap puskesmas di Banyuasin memiliki dua jumantik yang menjadi ikon untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh nyamuk. “Jumantik tersebut diharapkannya dapat memberikan laporan kepada aparat kesehatan setempat.
Karena nyamuk ini tidak dapat dihindari akan tetapi lebih kepada pencegahannya,” tuturnya.
Upaya untuk mengatasi jentik-jentik nyamuk ini, selain melakukan 3 M yakni menguras, menutup, dan mengubur.
Pihaknya telah membagikan bubuk abte dan lotion kepada masyarakat.
“Pencegahan lebih baik dari pada fogging. Sejauh ini kami melakukan tindakan itu dan penanganan terhadap penderita DBD,” tegasnya.
Ditambahkan Hakim, jumlah penderita penyakit demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Banyuasin hingga 31 Januari 2016 sudah mencapai 124 kasus. “Angka ini belum disebut Kejadian Luar Biasa (KLB) karena belum melewati batas jumlah penderita di tahun sebelumnya sebanyak 321 kasus,” jelasnya. #mew
Baca:  Yan Anton Tak Mengajukan Eksepsi
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Ribuan Liter Solar Tumpah di Jalintim

Banyuasin, BP–Ribuan liter bahan bakar solar tumpah di Jalan Lintas Timur (Jalintim)Desa Langkan, Kabupaten Banyuasin. Akibatnya belasan pengendara bermotor tergelincir ...