Home / Advertorial / Pertumbuhan Ekonomi Sumsel di Atas Nasional

Pertumbuhan Ekonomi Sumsel di Atas Nasional

Pertumbuhan ekonomi Provinsi Sumatera Selatan pada tahun 2015 masih di atas rata-rata nasional meski rasio pertumbuhan hanya naik tipis sebesar 0,15 persen dari tahun lalu.

Pertumbuhan Ekonomi Sumsel di Atas Nasional (2)W

Pada triwulan ke III tahun 2015, perekonomian Sumsel tumbuh positif sebesar 4,89 persen dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai 4,1 persen.

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mengatakan dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian daerah, Pemprov telah menjalankan berbagai pembangunan infrastruktur strategis.

Infrastruktur yang dipersiapkan menunjang perekonomian seperti pembangunan transportasi light rail transit (LRT) di kota Palembang, jalan tol dan jembatan Musi IV dan Musi VI.

“Seluruh pembangunan infrastruktur tersebut telah mulai tahun ini, tentunya kita targetkan selesai pada 2017 nanti atau sebelum perhelatan Asian Games 2018,” katanya, Senin (4/1).

Menurut Alex, adanya persiapan Asian Games di Kota Palembang, secara tak langsung membuat pembangunan infrastruktur di Sumsel menjadi besar-besaran hingga menelan APBN sebesar Rp23 triliun.

“Tentunya pembangunan infrastruktur secara masif di Sumsel tak lain tujuannya untuk meningkatkan kembali kesejahteraan bagi masyarakat,” jelas Alex.

Sedangkan Sekda Pemprov Sumsel H Mukti Sulaiman mengatakan, pertumbuhan ekonomi Sumsel lebih tinggi dibandingkan nasional yang tumbuh 4,73 persen dan Pulau Sumatera sebesar 3,04 persen.

“Pertumbuhan ekonomi Sumsel secara umum didukung oleh hampir semua lapangan usaha, kontribusi terbesar utama dari empat sektor yakni pertambangan, industri, pertanian dan konstruksi,” kata  Mukti.

Mukti menyebut, pertumbuhan ekonomi Sumsel di akhir tahun 2015 diproyeksi oleh Bank Indonesia akan ditutup pada angka 4,8- 5 persen. Sementara RPJMD menargetkan 6,0 persen.

Menurutnya, optimisme tersebut didasari oleh meningkatnya realisasi belanja pemerintah di akhir tahun. Belum lagi di akhir tahun segala aktivitas pembangunan konstruksi baik dari swasta dan pemerintah dipastikan meningkat.

Meski demikian, lemahnya nilai tukar rupiah serta merosotnya harga komoditi unggulan Sumsel seperti karet, sawit dan batubara hingga kondisi fundamental ekonomi nasional dan dunia akan tetap memengaruhi pertumbuhan ekonomi di Sumsel.

“Karena itu Sumsel juga mempersiapkan untuk mencapai target proyeksi tersebut, salah satunya kita mulai bergerak dalam investasi di KEK TAA dan dimulainya pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat,” katanya.

Sementara itu Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sumsel Ekowati Retnaningsi menambahkan, Sumsel tak hanya mengejar pertumbuhan ekonomi namun juga berupaya mengejar kesenjangan ekonomi di daerah.

“Kita juga menargetkankan rasio Gini di sumsel semakin kecil, angka ini di Sumsel tahun 2015 mencapai 0,383 persen di bawah angka nasional 0,41 persen,” jelasnya.

Selain itu tingkat pengangguran Sumsel selalu berada di bawah angka nasional. Angka pengangguran terbuka di Sumsel tahun 2015 sebesar 6,07 persen dengan total jumlah angkatan kerja sejumlah 3,934.787 jiwa, sementara angka nasional adalah 6,18 persen.

“Namun demikian, angkanya tersebut lebih tinggi dibanding tahun 2014, hal tersebut diakibatkan oleh dampak merosotnya harga komoditi unggulan,” katanya.adv

 

 

Gubernur Minta Kawasan Sudirman Palembang Jadi Pasar UMKM

 Jelang Asian Games 2018 mendatang, Gubernur Sumsel H Alex Noerdin meminta Pemkot Palembang menjadikan kawasan Sudirman sebagai pasar Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sehingga kawasan tersebut akan ramai.

Menurut Alex, sebagai kota bertaraf internasional yang akan menyelenggarakan Asian Games, jangan sampai di tengah perkotaan seperti kawasan Sudirman sepi dan gelap.

Dia berharap dengan adanya pasar UMKM tersebut seluruh UMKM di Sumsel yakni sekitar 3000 UMKM akan berkumpul di satu tempat.

“Pasar UMKM ini sendiri akan mendapatkan bantuan dari Kementerian Koperasi dan UKM RI,” kata Alex.

Orang nomor satu di Sumsel ini juga meminta kepada Pemkot Palembang untuk memindahkan pertokoan yang berada di kawasan Sudirman.

“Saat ini di kawasan Sudirman banyak toko-toko peralatan baik motor maupun mobil, nah ini kami minta untuk dipindahkan di pasar yang dikhususkan untuk peralatan tersebut,” katanya.

Sebelumnya,  Pemkot Palembang diminta untuk merombak kawasan Jalan Jenderal Sudirman. Hal tersebut disinyalir karena kawasan tersebut selalu gelap gulita saat malam hari.
“Kawasan tersebut harus dirombak sehingga terang dan ramai terutama saat ini menjelang Asian Games 2018 mendatang,” ujarnya.

Saat ini kata Alex, kawasan tersebut dipenuhi dengan bengkel dan penjual sparepart baik motor maupun mobil, serta toko tersebut tutup pada pukul 17.00, sehingga pada saat malam hari toko ini menjadi gelap dan sepi.

“Karena itu, kami minta nantinya kawasan ini diberikan sedikit ruang untuk dibuatkan seperti tempat kumpul, sehingga nantinya akan ramai dan dapat terang,” tambahnya.

Kota Palembang merupakan ibukota Provinsi Sumsel, dan juga akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 mendatang, karena itu harus benar-benar diperhatikan, jangan sampai terlihat jelek karena nantinya yang akan datang dan bertanding ke Kota Palembang seluruh negara asia.adv

KOMENTAR

Modal Bagi Sumsel

‘Ale’ Rakhmat Saleh, Masyarakat

PERTUMBUHAN ekonomi yang di atas rata-rata menjadi modal yang cukup bagi Sumsel dalam menghadapi MEA.

Ratio yang di atas rata-rata juga menjadi indikator kalau Sumsel menjadi provinsi yang bisa diandalkan. Partisipasi masyarakat untuk mendongkrak perekonomian bisa menjadi contoh bagi provinsi lain.

 

Optimis Pertumbuhan Ekonomi Naik

 Asisten Ekonomi dan Pembangunan

Pemkot Palembang, Sudirman Teguh

 PEMERINTAH Kota Palembang menargetkan pertumbuhan ekonomi di kota Palembang tahun 2016 sekitar 5 persen.

Ini meningkat dibandingkan tahun lalu atau tahun 2015 yang pertumbuhan ekonomi Palembang yang hanya 4,5 persen.

Optimis kalau target pertumbuhan ekonomi di kota Palembang tahun 2016 tercapai 5 persen. Salah upaya yang dilakukan dengan meningkatkan kualitas produk lokal  dan harga bersaing sehingga meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Sumsel, termasuk sektor pariwisata.

 

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Forum Pemuda NKRI Kutuk Pengeboman di Samarinda

Palembang, BP Pengeboman yang terjadi  depan gereja Oikumene di Samarinda, Kalimantan Timur  yang terjadi Minggu (31/11), mendapat reaksi serta kecaman ...