Home / Headline / Jangan Terburu-buru Tetapkan KLB DBD

Jangan Terburu-buru Tetapkan KLB DBD

 

BP/ARRACHIM WABAH DBD SERANG PALEMBANG-Beberapa anak anak yang menderita Demam Berdarah (DBD) anak anak yang tengah mendapatkan perawatan disal anak Rumah Sakit Siti Khodijah Palembang, Senin (27/4)

BP/ARRACHIM
WABAH DBD SERANG PALEMBANG-Beberapa anak-anak yang menderita Demam Berdarah (DBD)  tengah mendapatkan perawatan di sal anak Rumah Sakit Siti Khodijah Palembang.

GUBERNUR Sumsel  H Alex Noerdin meminta masyarakat tidak terburu-buru atau terlalu cepat dalam menetapkan masalah KLB (kondisi luar biasa) wabah DBD (demam berdarah dengue). Jika benar itu terjadi KLB, Pemprov Sumsel telah menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan.
“Dua daerah yang menetapkan KLB itu bagus, kita belum ada penetapan KLB resmi. Ini kan kita tetapkan KLB setelah satu hari ini, tapi pertimbangan dinas teknis gubernur yang menetapkan, tapi kalau tren ini berlanjut kita akan tetapkan status ini luar biasa,” kata Alex Noerdin, Rabu (27/1).
Orang nomor satu di Bumi Sriwijaya ini, mengaku, sudah mengetahui data mengenai DBD melalui dinas kesehatan provinsi, dan langsung bersiaga memerintahkan segala hal untuk mempersiapkan pencegahan dan pengendalian DBD. Alex juga mengingatkan kembali kepada masyarakat untuk perilaku hidup sehat dan bersih
“Kan sudah pasti harus masih ingat tiga hal, hidup bersih, berikan bubuk abate di kamar mandi. Sekarang sosialisasi disiagakan, rumah sakit, dan obat-obatan disiapkan, lebih baik itu mencegah, hati-hati demam,” ujarnya.
Wabah demam berdarah di wilayah Sumsel tercatat 10 nyawa meninggal dunia akibat penyakit yang dibawa nyamuk aedes agypty. Untuk di Kota Palembang sudah menelan satu korban jiwa, dan paling banyak di Lubuk Linggau dengan tiga korban jiwa.
Musim penghujan juga kondisi longsor dan banjir di beberapa daerah mempengaruhi berkembang biaknya nyamuk yang senang tinggal di daerah gelap dan kotor, 546 kasus sudah tercatat masyarakat terkena demam berdarah, kondisi ini mendesak pemerintah untuk segera menetapkan daerah kondisi luar biasa (KLB) agar masyarakat waspada, jangan sampai menelan korban lagi. # adv

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Lokasi Potensial Jembatan Sumsel-Bangka Diwacanakan Pindah

Palembang, BP Wacana pembangunan jembatan penghubung Sumatera Selatan –Bangka Belitung kian terang setelah Menteri PUPR RI, Basuki Hadi Moeljono menyetujui ...