Home / Headline / Kabel Listrik PLN Nyaris Menyentuh Jalan

Kabel Listrik PLN Nyaris Menyentuh Jalan

IMG_8181_resizedMuaradua, BP

Warga Desa Simpang Campang, Kecamatan Kisam Ilir, Kabupaten OKU Selatan (OKUS) belakangan ini semakin mengkhawatirkan menyusul keberadaan kabel tegangan tinggi milik PT PLN Persero Ranting Muaradua yang melintangi badan jalan.

Pasalnya, meskipun belum sampai menimbulkan korban jiwa, setidaknya kekhawatiran warga cukup beralasan. Kondisi kabel hanya berjarak 1,5 meter dari badan jalan sehingga sangat dikhawatirkan mengenai pengendara, terlebih pengendara yang menggunakan mobil yang bisa menimbulkan percikan api.

Seperti dikemukan oleh salah seorang warga sekitar, Madri (30), ia mengatakan, sudah hampir dua bulan ini kondisi kabel listrik tegangan tinggi tersebut kendur hampir menyentuh badan jalan. Akan tetapi sayangnya hingga kini belum juga dilakukan perbaikan oleh PLN.

“Sudah sekitar dua bulan ini kabel listrik itu kendur seperti tali layangan, bahkan kabelnya kalau kita bermotor seperti mau menyentuh kepala kita. Tapi, masih belum juga dilakukan perbaikan oleh petugas PLN,” terangnya, Minggu (31/1).

Dijelaskannya, hal itu terjadi akibat  tempat penyangga kabel listrik tersebut sudah tidak lagi berdiri sejajar, “penyangga kabelnya sudah mau roboh, makanya kabel itu menjuntai ke kebawah. Kami disini takut sekali, apalagi kalau hari hujan” jelasnya.

Menurut Madri keberadaan kabel bisa dikatakan nyaris menyentuh tanah tersebut, jelas sangat membayakan warga dan pengendara. Mengingat kondisi cuaca saat ini sering terjadi hujan.

“Khawatir lah kita. Kalau dibiarkan pasti ada yang mati nanti, karena terkena sengatan listrik tegangan tinggi itu. Jangankan manusia, monyet saja biasanya nggak mau lepas kalau terkena kabel itu,” tambahnya.

Senada disampaikan, Niko (25) pengendara yang sering melintasi jalan tersebut juga mengaku resah dengan kondisi kabel listrik yang hampir menyentuh badan jalan tersebut. Sebab, persis di atas jalan terdapat pohon besar yang rentan roboh, selain itu di sekitar  lokasi merupakan areal perkebunan warga, di mana setiap hari warga melakukan aktivitas disana.

“Jalan yang kami lewat ini tepat di atas kabel ada kayu-kayu besar yang dikhawatirkan akan roboh, belum. Nah kalau misalnya kita sampai terkena sengatan listrik, siapa yang mau bertanggungjawab pak, masih untung kalau terkena kabel itu nggak mati,” katanya.

Sementara itu, Kepala PLN Ranting Muaradua, Almon, ST mengaku belum mengetahui kabel listrik nyaris menyentuh badan jalan. Namun, kata dia, secepatnya pihaknya akan melakukan krosceck dilapangan.

“Kita belum mengetahuinya, secepatnya petugas kita akan melakukan kroscek di lapangan. Pasti kita perbaiki, apalagi apabila sudah mengeluarkan api,” tuturnya singkat. #bob

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Untuk Selamat Dari Hoaks, Media Harus Miliki Nasionalisme

Palembang, BP Seminar Nasional Workshop Cek Fakta digelar Asosiasi Media Siber Indonesia Wilayah Sumsel, di gelar, Kamis (22/8) siang. Seminar ...