Home / Headline / Rencana Besar Terbentur Soal Lahan

Rencana Besar Terbentur Soal Lahan

Pemkab Muratara kesulitan memaksimalkan potensi Danau Raya, lantaran terbentur pembebasan lahan warga.

2001.01.KAKI.HASSUPAYA Pemerintah Kabupaten Musirawas Utara (Muratara) untuk menambah khasanah dunia pariwisata di kabupaten ini terus digalakkan. Upaya tersebut dimulai dari mencari aset yang mempunyai nilai jual. Salah satunya Danau Raya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Olahraga (Kadispora) Kabupaten Muratara Ralin Jufri mengakui sulitnya mengembangkan sektor pariwisata di Bumi Berselang Serundingan. Penyebab utamanya lantaran terbentur pembebasan lahan warga.

Rulin mencontohkan, pengembangan obyek wisata Danau Raya, sejak lama sudah dilakukan pemerintah. Tapi semua itu terkendala karena pengembangannya membutuhkan biaya yang cukup besar dan waktu lama. Kendala utama adalah sulitnya melakukan pembebasan lahan warga, yang terkena lokasi obyek wisata.

“Pendekatan dengan masyarakat sudah dilakukan. Tetapi tidak ada kesepakatan. Pengembangan pariwisata di Danau Raya memerlukan lahan paling sedikit lima hektar,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan pendekatan kembali kepada para pemilik lahan untuk pengembangan Danau Raya. Di lokasi wisata itu bisa dikembangkan berbagai sarana rekreasi, seperti water boom, banana boat, rekreasi anak-anak dan olahraga. Di sekitarnya bisa juga dikembangkan sarana perhotelan.

“Pengembangan sektor wisata memberikan multi efek terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar dan lapangan pekerjaan. Serta menambah pendapatan asli daerah,” jelasnya.

Ia berharap partisipasi masyarakat dapat lebih ditingkatkan. Sehingga Muratara bisa mempunyai lokasi wisata yang mempunyai nilai jual, yang tidak hanya bisa dinikmati warga Muratara tetapi juga warga luar. Jika semua ini terwujud, maka sudah bisa dipastikan sektor ekonomi masyarakat sekitar akan meningkat.

“Dan yang pasti menyebabkan kemajuan pembangunan daerah sekitar yang ada obyek wisatanya,” ujarnya. #marwan ashari

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Kapolda Sumsel Dan Kajati Sumsel Lolos 20 besar calon pimpinan KPK.

Palembang, BP Panitia seleksi capim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya mengumumkan nama-nama kandidat yang lolos dari tahap profile assessment pada ...