Home / Headline / Ratusan UKM se-Sumsel Ikuti Bazar Kreatif di BKB

Ratusan UKM se-Sumsel Ikuti Bazar Kreatif di BKB

1935024_10206745292169206_4294580805351838114_nPalembang, BP
Untuk  mendorong sektor usaha kecil menengah (UKM) dan  industri kreatif, Pemerintah kota (Pemkot) Palembang menggelar  bazar / pameran pedagang UKM kreatif di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang.
Kegiatan yang digelar 9-18 Januari bekerja sama Montana Enterprise pimpinan Simon Montana dan Jaringan Aktivis (JA) 98 dikoordinasikan oleh Bagus Edi Gunawan dan diikuti  ratusan UKM se-Sumsel.
Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemkot Palembang Sudirman Teguh mengatakan, Pemerintah Kota Palembang menargetkan pertumbuhan ekonomi di kota Palembang tahun 2016 sekitar 5 persen.
“Ini meningkat di bandingkan tahun lalu atau tahun 2015  yang pertumbuhan ekonomi Palembang yang hanya 4,5 persen, ” katanya, Selasa (12/1).
Sudirman mengaku optimis kalau target pertumbuhan ekonomi di kota Palembang tahun 2016 tercapai 5 persen.
Salah upaya yang dilakukan menurutnya dengan meningkatkan kualitas produk lokal  dan harga bersaing sehingga meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Sumsel.
“Termasuk sektor pariwisata harus ditingkatkan pelayanan dan infrastruktur ditempat-tempat objek wisata.” katanya.
Menurutnya pariwisata adalah sektor yang memiliki pengaruh pada sektor lain termasuk ekonomi kreatif yang digalakkan masyarakat, lantaran itu pemerintah kota menjadikannya sektor utama untuk mensejahterakan warga.
Koodinator kegiatan, Simon Montana mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah untuk mengerakan ekonomi kreatif dan UKM. Mengingat, dua sektor ini merupakan pemicu ekonomi paling besar.
“Dengan ini diharapkan ekonomi masyarakat akan membaik,” katanya.
Selain itu, sambung Simon, kegiatan yang juga mengandeng jaringan aktivis 98 ini pun mampu mengakomodir pedagang kaki lima. Kedepan, dapat di rangkul pemerintah untuk mengikuti berbagai pameran dan bazar baik lokal maupun nasional. Juga, menyerap lapangan kerja.
“Paling penting kegiatan ini menggerakkan perekonomian dan hiburan rakyat dan kegiatan ini ada 80 tenda kerucut putih agar seragam dan ramai dikunjungi masyarakat,” katanya.
Menurutnya  peserta kegiatan besar dari berbagai UKM dan home industri di Sumsel. Seperti, pakaian, makanan, sepatu, tas dan lainnya.
“Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak Walikota Palembang, Harnojoyo atas dukungannya sehingga bazar ini bisa terselenggara,” katanya.
Selain itu, ada hiburan rakyat berupa kora-kora, kereta dan masih banyak lagi. “Kegiatan ini digelar pada malam hari,  pukul 18.00 sampai 23.00.”
Sejauh ini, tambah dia, kegiatan ini direspon positif (antusias) oleh masyarakat. Perhari ada ribuan lebih masyarakat yang datang untuk berkunjung. “Target nya perhari permutaram uang sekitar Rp 250 juta perhati,” katanya.
Sedangkan Panitia bazar, Rizal menambahkan, kegiatan ini merupakan yang pertama kali digelar. Meski begitu, respon kegiatan sangat luar biasa. Terbukti tingginya tingkat kunjungan meski kondisi sedang hujan.
Kedepan, lanjut dia,  kegiatan ini yang baru pertama kali digelar akab menjadi rutin. “Rencananya akan digelar di 17 kabupaten kota di Sumsel,” katanya.#osk
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Tingkatkan Harga Jual Karet, Kabupaten Muratara Belajar ke Muba

Keluang, BP–Wakil Bupati Kabupaten Musi Banyuasin Beni Hernedi menyambut kunjungan kerja Wakil Bupati Musi Rawas Utara H Devi beserta jajarannya, ...