Home / Headline / Pemprov Tambah Rp100 Miliar Bangun RS Provinsi

Pemprov Tambah Rp100 Miliar Bangun RS Provinsi

indexPalembang, BP

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan berencana menambah kucuran dana pembangunan Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Sumsel sebesar Rp100 miliar. Hal itu dikarenakan ada beberapa faktor perekenomian yang berimbas terhadap kenaikan harga barang, termasuk material bangunan.

Ketua PPTK RSUP Sumsel Ir Syarifuddin mengatakan, sesuai detail engineering design (DED) total anggaran pembangunan RSUP sebelumnya sebesar Rp500 miliar. Sejak mulai dibangun pada 2013 lalu hingga akhir 2015, dana yang telah terpakai yakni Rp180 miliar.

Sebesar Rp36 miliar digunakan untuk perencanaan dan pemasangan tiang pancang pada 2013 dan 2014, dan Rp144 miliar di tahun 2015 digunakan untuk mengerjakan struktur utama gedung 11 lantai. Pembangunan di tahun lalu dikerjakan oleh PT PP Consultant dan Construction yang memenangkan tender.

“Tahun ini, disiapkan anggatan Rp135 miliar untuk pengerjaan dinding luar gedung. Pengerjaan akan dilakukan pada awal Februari mendatang,” ujarnya, (11/1). Kini Tim dari Dinas Kesehatan Sumsel sedang mempersiapkan dokumen melalui Unit Layanan Pengadaan (ULP) untuk lelang tender pengerjaan di tahun ini.

Syarifuddin menuturkan, bangunan utama RSUP akan selesai finishing pada akhir 2017 dan pada 2018, RSUP sudah bisa beroperasi demi menunjang pelaksanaan Asian Games dari segi pelayanan kesehatan. Rencana penambahan anggaran akan dimasukkan untuk pengerjaan di tahun berikutnya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel Lesty Nuraini menuturkan, RSUP Sumsel dibangun di atas lahan seluas 4,18 hektar eks RS Ernaldi Bahar, KM 5, Jalan Kolonel H Burlian. RS ini pun direncanakan akan bertipe A.

“Yang paling penting adalah rumah sakit ini akan memprioritaskan melayani pasien berobat gratis, baik pasien pemegang Jamsoskes ataupun BPJS Kesehatan,” paparnya.

Adapun fasilitas kamar disediakan sebanyak 400 kamar tidur untuk memenuhi fasilitas kesehatan primer dan pelayanan dasar bagi masyarakat. RS ini pun akan dilengkapi dengan ruang rawat jalan, ruang rawat inap, rawat bedah, dan sebagainya.

Gedung utama terdiri dari lantai basement yang akan dipergunakan untuk tempat parkir dan instalasi farmasi, lantai satu untuk instalasi gawat darurat, ruang diagnosa, ruang rawat jalan, dan fasilitas umum. Sedangkan lantai dua terdiri dari ruang intensif yaikni ICU, NICU, dan PICU, lantai tiga dipergunakan untuk instalasi bedah, laboratorium, dan ruang rehabilitasi.

Lantai empat hingga sembilan disediakan untuk ruang rawat inap dan lantai 10 diperuntukan ruang managemen dan pusat rekam medik. Selain gedung utama, dilingkungan RS Provinsi Sumsel ini pun akan dibangun gedung serbaguna, gedung pusat pendidikan, penelitian, dan pengembangan rumah sakit, laboratorium stem cell, fakultas kedokteran, dan perumahan bagi dokter.

“Untuk SDM-nya sendiri kita akan melakukan kerjasama dengan beberapa rumah sakit untuk mempekerjakan dokter dan tenaga ahli lainnya di RS Sumsel ini. Juga beberapa dokter yang berstatus sebagai PNS yang telah ditempatkan di beberapa rumah sakit atau badan, akan kita pindahkan,” tukasnya.

Sebelumnya, Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mengatakan, pembangunan RSUP Sumsel ini diharapkan dapat memberikan pelayan kesehatan yang prima kepada masyarakat serta didukung fasilitas yang memadai dan mampu memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat sebagamana mestinya. #idz

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Pemkab OKU Kembali Rekrut CPNS dan P3K Tahap II

Baturaja, BP — Kabar gembira bagi para pencari kerja yang ingin mengabdi sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai ...