Home / Headline / Alex Tegaskan Kesiapan Sumsel Untuk AG 2018

Alex Tegaskan Kesiapan Sumsel Untuk AG 2018

Rapat-AGPalembang, BP

Presiden RI Joko Widodo kembali menanyakan penyiapan penyelenggaraan Asian Games 2018 dan MotoGP Grand Prix 2017. Dirinya menggelar rapat terbatas di Kantor Presiden, Senin (11/1) sekitar pukul 14.00.

Dia meminta kepastian tentang venue yang akan digunakan dalam Asian Games. “Rapat siang hari ini akan diulang lagi mengenai persiapan Asian Games 2018. Saya ingin kembali menanyakan terutama persiapan-persiapan venue dan penyelenggara. Kedua, juga akan dibicarakan mengenai kepercayaan yang diberikan pada Indonesia untuk menjadi tuan rumah Indonesia MotoGP Grand Prix 2017-2019,” katanya dalam pembukaan rapat.

Asian Games XVIII akan diikuti 45 negara dengan mempertandingkan 36 cabang olahraga yang terdiri atas 28 cabang olah raga Olimpiade dan 8 cabang olahraga non-Olimpiade.

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin memaparkan, Palembang sebagai salah satu tuan rumah Asian Games sudah melakukan berbagai perbaikan dan pembangunan infrastruktur, seperti Jembatan Musi IV dan Jembatan Musi VI, jalur kereta api ringan dalam kota, underpass, jemba­tan layang, perluasan bandara, dan pembangunan rumah sakit internasional.

Saat ini Pemprov Sumsel sudah memiliki tiga tower Wisma Atlet yang dapat menampung 1.107 di Jakabaring Sport City (JSC). Dengan dana APBN, lima tower rusunami yang masing-masing 17 lantai lagi tahun depan. Dengan itu, JSC bisa menampung 8.500 atlet dalam satu waktu.

Dirinya menegaskan bahwa Sumsel memiliki semangat dan tekad yang kuat untuk mensukseskan Asian Games. “Hal itu sudah kami buktikan dan seluruh masyarakat Sumsel akan bahu membahu menyambut even besar se-Asia ini,” tegas Alex.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan tahun 2016 ini, pemerintah akan kembali mendirikan tiga menara, menambahkan tiga menara yang telah dibangun pada tahun 2015.

Menteri PU Pera, Basuki Hadimuljono, menambahkan jumlah wisma atlet yang akan dibangun di Kawasan Kemayoran ialah sebanyak 15 menara. Kementerian PU Pera akan membangun 10 menara, sedangkan lima menara lagi dibangun oleh Perum Perumnas.

Sementara untuk wisma atlet Kawasan Kemayoran, Jakarta akan dibangun 15 tower. Sebanyak 10 tomwer oleh Kementerian PU Pera pascapenyelengaraan Asian Games akan dijadikan rusunawa karena menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Menpora Imam Nahrawi hadir didampingi Sesmenpora Alfitra Salamm, Deputi Harmonisasi dan Kemitraan Gatot S Dewa Broto, dan Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Djoko Pekik Irianto.

Ketua KOI Erick Thohir menyampaikan bahwa OCA sangat serius melihat persiapan Indonesia dalam Asian Games 2018. “Akan ada enam pengawas langsung dari OCA per Januari ini untuk mengawasi kesiapan Indonesia. Rapat internal OCA terus digelar terkait broadcast, komunikasi, dan pembangunan venue,” ujar Erick.

Pemilik klub Italia Inter Milan ini menambahkan, yang direnovasi di luar GBK adalah Stadion Patriot Bekasi, GOR Basket Bandung, dan Headquarters AG XVIII di Jakarta dan Sumsel. “Test event bukan Oktober 2017 karena bertabrakan dengan SEA Games 2017 Malaysia, tapi November 2017. Test event akan dilakukan pada venue yang sudah ada, bukan yang sedang direnovasi,” lanjut Erick.

Soal MotoGP, kontrak kerja sama antara Indonesia selaku calon tuan rumah
penyelenggara MotoGP dan Dorna sebagai operator balapan harus diselesaikan pemerintah pada akhir Januari 2016.

Hal ini sudah dise­pakati Menpora dan CEO Dorna Carmelo Ezpeleta ketika menandatangani Letter of ­Intention (LOI) 12 Desember lalu. Kontrak kerja sama itu membahas hak dan kewajiban Indo­nesia sebagai penyelenggara MotoGP untuk tiga ­musim ke depan hingga 2019 mendatang.  Moto GP 2017 akan digelar di Sirkuit Sentul, Bogor, Jabar.

Terkait MotoGP, Menpora mengaku telah beberapa kali melakukan pertemuan. “Indonesia sudah dipastikan tuan rumah 2017. Sedang disiapkan payung hukum berupa Keppres Kepanitiaan. Deadline kontrak Kemenpora dengan DORNA pada 30 Januari 2016 perlu persetujuan Presiden,” lanjut Menpora. #idz

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Menjadi Relawan Paling Lama di DDV Sumsel, Ini Suka Duka Reza

Palembang, BP–Hari Relawan Internasional diperingati setiap 5 Desember setiap tahunnya. Adanya peringatan Hari Relawan Internasional, sebagai bentuk apresiasi atas kekuatan ...