Home / Sumsel / Banyuasin / Petani Banyuasin Asuransikan Tanaman Padi

Petani Banyuasin Asuransikan Tanaman Padi

Banyuasin, BP — Guna mengantisipasi terjadinya gagal panen, 2016 mendatang para petani diimbau mengasuransikan areal persawahannya.
Kepala Dinas Pertanian Perternakan Banyuasin, Syaiful Bakhri melalui Kepala Bidang Sarana dan prasarana, Samab mengatakan, sistem asuransi persawahan ini akan digalakkan awal 2016 mendatang dan disosialisasikan ke seluruh petani melalui UPTD Dinas Pertanian dan Peternakan Banyuasin yang tersebar di 19 kecamatan.
Dalam proses asuransi sawah tersebut, melalui Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan).”Mereka (petani, red) hanya diwajibkan membayar premi sebesar Rp 136 ribu, dari sisanya dari pemerintah yang memberikan subsidi. Kalau tidak salah total asuransi sawah selama empat bulan berjumlah sekitar Rp 400,”tukasnya.
Manfaat dari asuransi sawah ini, menurut Saman, yaitu jika nantinya ada sawah milik para petani tersebut gagal panen. Maka akan mendapatkan asuransi sebesar Rp 5 juta/hektare.”Jadi manfaatnya sangat besar sekali untuk para petani, bisa sebagai biaya penganti bersawah yang telah gagal panen itu,”ungkapnya.
Oleh karena itu, diharapkan kepada para petani yang ada di Banyuasin untuk segera mendaftarkan asuransi sawah tersebut kepada pemerintah yang bekerjasama bersama pihak ketiga.
Lebih lanjut, Saman menambahkan, saat ini ada sekitar 258.165 hektare lahan sawah milik para petani yang diberdayakan dengan cara ditanami petani. Dengan hasil produksi beras pada tahun 2015 ini sebesar 1,26 juta ton gabah kering.
Bupati Banyuasin Yan Anton Ferdian SH mengatakan diharapkan dengan adanya asuransi sawah ini kedepannya, dapat menghilangkan rasa khawatirkan para petani akan kegagalan panen. Setelah kehilangan banyak dana untuk bersawah.”Saya yakin petani Banyuasin bakal sukses menggarap semua areal persawahannya dan panen dengan hasil yang baik. Namun, tidak ada salahnya untuk antisipasi, kalau saja terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan seperti bencana alam atau yang lain. Asuransi adalah salah satu solusi yang tepat,” katanya. #mew
Baca:  Daya Beli Petani Menurun
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Ribuan Liter Solar Tumpah di Jalintim

Banyuasin, BP–Ribuan liter bahan bakar solar tumpah di Jalan Lintas Timur (Jalintim)Desa Langkan, Kabupaten Banyuasin. Akibatnya belasan pengendara bermotor tergelincir ...