Home / Headline / Palembang ‘Babas Bingkas’ Untuk LRT

Palembang ‘Babas Bingkas’ Untuk LRT

 

BP/ARRACHIM LRT JAKABARING-Sebuah eksafator yang tengah beroperasi menanam paqncang proyek pembangunan LRT dikawasan Jakabaring Palembang, Jumat (18/12)

BP/ARRACHIM
LRT JAKABARING-Sebuah eskafator beroperasi menanam tiang pancang proyek pembangunan LRT di kawasan Jakabaring Palembang, Jumat (18/12)

Palembang, BP

Pembangunan light rail transit (LRT) di atas median jalan sepanjang 24,5 km telah dimulai. PT Waskita Karya selaku BUMN yang dipercaya membangun LRT Palembang sudah bekerja walau belum groundbreaking atau peletakan batu pertama.

Sekretaris Daerah Kota Palembang H Ucok Hidayat memastikan, pihaknya siap berkoordinasi terkait pembangunan LRT. Saat ini, sedang dilakukan pembangunan tiang pancang, yang panjangnya mencapai delapan meter. Kondisi beberapa ruas jalan di Palembang mulai babas bingkas atau babak belur.

“Pohon tinggi di lokasi pembangunan LRT akan dipindahkan ke Jalan Kebun Sayur, arah bandara SMB II. Untuk tiang listrik akan kita ganti, tidak pakai tiang lagi,” katanya, saat kunjungan anggota DPRD Sumsel dari Dapil I dan II Kota Palembang dipimpin H Budiarto Marsul yang melakukan reses di kantor Walikota Palembang, Jumat (18/12).

Baca:  Akhir Tahun Ini Pembangunan LRT Capai 30 Persen

Selain itu, pihaknya sedang mengkaji untuk membangun jalan baru dari arah Sungai Lais, sehingga Jalan Basuki Rahmat tidak menumpuk kendaraan. Selain itu terkait papan iklan yang sudah hilang akibat pembangunan LRT, harus ada kompensasi.

Project Manager LRT Zona 1 M Isa mengatakan, pembangunan jalur LRT setinggi delapan meter dari jalan eksisting dan tepat di atas median jalan. Jembatan penyeberangan orang (JPO) yang melintas di jalur LRT terpaksa harus dibongkar apabila mengganggu. Termasuk tantangan saat membangun jalur LRT di atas Sungai Musi.

Menurutnya, tahun 2016 pihaknya akan mulai fokus membangun struktur bawah LRT. Diteruskan dengan 2017, pembangunan rolling stock LRT. “Kami yakin bisa selesai di akhir 2017, setelah itu semua akan diatur Kemenhub. Baik urusan penyediaan kereta dan sebagainya,” katanya.

Baca:  Jalur LRT Belum  Tangkap Banyak Penumpang di Palembang  

Sedangkan untuk Bandara SMB II ke Jakabaring akan dibangun tujuh halte, enam stasiun, dan satu dipo. Lokasi pembuatan tiang pancang itu sudah ditutup dengan seng. Misalnya lokasi tiang LRT di Km 6, seberang Punti Kayu. Alat berat pun telah berada di lokasi.

Waskita Karya membagi pengerjaan pembangunan LRT tersebut dalam lima zona, meliputi Zona I (Bandara SMB II-Simpang Bandara/TAA), Zona II (Simpang Bandara/TAA-Punti Kayu), Zona III (Punti Kayu-Pasar Cinde), Zona IV (Pasar Cinde-Fly Over Jakabaring), Zona V (Fly Over Jakabaring-Dipo Jakabaring).

Untuk Zona I, masuk tahap pemancangan empat bucket di 48 titik. “Tiap zona akan dibangun tiang kolom, jarak antar tiang sekitar 30 meter,” katanya

Artinya pada rute LRT sepanjang 24,5 km, akan ada sekitar 816 tiang kolom yang harus dibangun. Pembuatan tiang kolom tidak lama, paling hanya 20 menit. “Yang lama itu proses memindahkan alat,” katanya.

Baca:  LRT Capai 9 Persen

Pembangunan LRT pun sudah dilakukan per zona. Zona lain pun begitu. Kontraktor akan membelah jalan utama menjadi Waskita karya. Ia mengatakan, kemacetan yang terjadi kemarin dikarenakan adanya miskomunikasi antarinstansi.

Zona II yang dipimpinnya memang termasuk jalur yang rawan macet. Sedangkan Zona II, III, dan IV yang terletak di antara Punti Kayu-Cinde-Jakabaring merupakan zona yang sangat rawan kemacetan. Pihaknya bersama Dishubkominfo Sumsel akan menggelar sosialisasi kepada masyarakat agar terhindar dari kemacetan.

“Zona III dan IV sedang tahap pengukuran lahan dan setting alat, dalam beberapa hari ke depan mulai pancang juga,” jelasnya. Zona V sedang setting alat, minggu depan mulai pengeboran pondasi.

Dalam teknis pengerjaan jalur LRT ini, setelah pemancangan pihaknya akan melakukan penggalian pile cap, dilanjutkan pengecoran pile cap, pengecoran kolom, lalu pasang girder. #osk

 

 

 

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Kuryana Azis Hadiri SNAV-8 dan OAV-3 di Swarna Dwipa Palembang

Baturaja, BP — Bupati OKU Drs H Kuryana Azis menghadiri acara Simposium Nasional Akuntansi Vokasi ke-8 (SNAV-8) dan Olimpiade Akuntansi ...