Home / Headline / Perampok Bersenpi Gasak Rp500 Juta

Perampok Bersenpi Gasak Rp500 Juta

Beraksi Selama 30 Menit, Tujuh Penghuni Disekap 

20151213_150151Palembang, BP
Enam perampok menggunakan senjata api (senpi) kembali beraksi di Kota Palembang. Kali ini, kawanan perampok beraksi di Jalan Kijang Mas, Blok D-9, No 4418, Kelurahan Demang Lebar Daun, Kecamatan Ilir Barat (IB) I Palembang, Minggu (13/12), sekitar pukul 01.30.

Kawanan perampok yang mengendarai mobil Toyota Innova bewarna putih dan beraksi selama 30 menit ini berhasil menggasak uang serta barang berhagra milik korban bernama Ika Swastika (40) dengan kerugian yang ditaksir senilai Rp500 juta.

Kerugian ratusan juta yang dialami korban, terdiri dari sedikitnya 13 unit telepon seluler (ponsel), 3 unit TV LCD, 3 buku tabungan BRI, 1 buku tabungan BCA, 3 buku tabungan Bank Mandiri, 1 buku tabungan BNI, 1 buku tabungan CIMB, 7 buah jam tangan, tas dan Camera Digital merek Sony.

Selain itu, perampok juga membawa kabur uang senilai Rp80 juta, mobil Toyota Yaris nopol BG 173 M warna merah beserta kunci kontak dan STNK-nya. Kemudian, kunci kontak dan STNK mobil Datsun nopol BG 412 GA, serta 1 unit kunci kontak speda motor Yamaha Mio nopol BG 6666 NX.

Menurut keterangan Ika, para perampok beraksi tersebut beraksi ketika turun hujan. Mereka awalnya masuk melalui warung miliknya yang terletak di belakang rumah dengan cara merusak rolling door warung.

“Saya tidak terdengar saat mereka merusak rolling door mungkin karena posisi sedang hujan. Tetapi, ketika terdengar suara pintu dicobgkel ‘jegrek’ saya baru terbangun dan mengecek ke warung,” ujar Ika, saat dijumpai di lokasi kejadian.

Ketika mengecek, masih dikatakan Ika, tiba-tiba dirinya melihat pria yang tidak dikenal mengenakan penutup kepala. Saat ditanya, pelaku itu langsung mengancam dirinya sambil menodongkan senpi ke arahnya.

“Tak lama dari menodong itu, turun lagi satu pelaku dari mobil dan mulai beraksi. Jadi yang masuk ada lima pelaku, rata-rata membawa senpi dan golok. Sedangkan nopol mobil yang dipakai kawanan perampok itu tidak begitu terlihat,” kata Ika.

Dikatakan Ika, posisi rumah bertingkat dan dihuni 2 Kepala Keluarga (KK) sekitar 13 orang. Rumah ini juga terbagi dua dengan dibatasi dinding sehingga keluarga yang lain berada di rumah sebelah saat pelaku beraksi. Sedangkan di tempat pelaku beraksi, di atas dihuni tiga orang, sedangkan di bawah terdapat tujuh orang.

“Para pelaku menyebar. Pelaku yang di bawah melakukan penyekapan terhadap keluarga kami sekitar 7 orang mana banyak anak kecilnya, ada yang ke atas juga. Saya sempat berhadapan, bahkan tangan saya dipukul, kami tidak ada yang berani karena mereka bawa senpi. Di atas itu mereka mendapat uang cash Rp75 juta yang berada di dalam tas,” jelas Ika.

Sedangkan, menurut keterangan Yanti (23), dirinya juga sempat tarik-tarikan dengan perampok yang tak memakai penutup kepala atau menggunakan masker. Namun, saat bertatapan pelaku kemudian masuk ke dalam mobilnya, mungkin karena takut dikenali.

“Kami memang disandra di bawah, setelah memaksa meminta kunci mobil, mereka meninggalkan rumah dan membawa mobil Yaris yang terparkir di depan rumah. Bahkan, dagangan yang di warung itu juga banyak digasak perampok tersebut,” urainya.

Sementara itu, Kapolsek IB I Palembang AKP God Parlasro Sinaga, melalui Kanit Reskrim Iptu Yahya Roni, membenarkan adanya perampokan tersebut. Mendapat informasi itu, pihaknya langsung melakukan pengecekan dan melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP).

“Korban melapor di Polresta Palembang dan kami juga sudah berkoordinasi dengan Polresta Palembang. Untuk pelaku, saat ini masih lidik,” pungkas Yahya. #rio

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

DPRD Sumsel Tukar Informasi Terkait Lampung Bantu Koperasi Dan UMKM Era New Normal

Palembang, BP Upaya Percepatan Perbaikan Ekonomi Pelaku Koperasi dan UMKM terdampak Pendemi Covid-19, Komisi II DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) ...