Home / Headline / Gempa di Kaur Guncang Muaradua

Gempa di Kaur Guncang Muaradua

20120126pdsuguhgempabengkuluMuaradua, BP
Gempa tektonik dengan kekuatan 5,3 Skala Richter (SR) yang mengguncang Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu Jumat (11/12), sekitar pukul 10.20 turut mengguncang  Kabupaten OKUS.
Akibatnya PNS yang bekerja di lingkungan Pemkab OKUS sempat berhamburan keluar dari kantor masing-masing.
Menurut salah salah satu pegawai yang bekerja di Dinas Pendidikan, saat itu ia sedang berada di dalam ruangan, tiba-tiba meja dan lantai tempat ia duduk bergetar dan mengguncang tubuhnya.
“Kaget bae ngapo badan cak ado yang nggoyangkannyo, ku jingok banyak yang keluar sambil ngomong gempa-gempa, “ujar dia.
Dikatakannya meskipun gempa tersebut tidak berlangsung lama, namun dia dan rekan-rekannya sempat khawatir dengan goncangan tersebut, karena hampir seluruh alat berharga mereka tinggal di tempat mereka bekerja.
“Saking kagetnyo, handphone, laptop, tinggal di dalam kantor, ya mungkin pikiran tu samo kali yo, yang penting nyelamatkan diri dulu, “kata dia.
Senada disampaikan pegawai di Dinas Pariwisata, mendengar ada guncangan tersebut ia turut serta keluar dari dalam kantor.
“Sebenarnyo dak pulok teraso oleh ku, tapi wong beteriak ngato ke gempa-gempa melok pulo keluar aku, “ungkap dia.
Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Mahfi Abubakar, SE ketika dikonfirmasi membenarkan jika gempa tersebut mengguncang Muaradua dan sekitarnya.
“Kekuatan gempa tersebut sempat terasa sekitar dua detik di Kabupaten OKUS “katanya.
Menurut dia, berdasarkan data yang diperoleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG)  menyatakan gempa tektonik tersebut berada di lokasi 503 LS, 102.94 BT atau sekitar 71km barat daya Kaur-Bengkulu dengan kedalaman 10 km tidak berpotensi sunami.
Meskipun begitu kata dia, harus tetap diwaspadai mengingat jarak Kabupaten OKUS dengan titik lokasi gempa cukup jauh dengan jarak 250 KM.
“Apapun bentuk bencananya kita tetap harus waspada, buktinya gempa bengkulu yang barusan terjadi, walapun jaraknya cukup jauh masih terasa getarannya,” imbaunya.#bob
Baca:  Mentawai Diguncang Gempa 7,8 SR
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Peran DKSS Tidak Kalah Dengan KONI

Palembang,BP Ketua Dewan Kesenian Sumatera Selatan (DKSS) Raden H Syahril Erwin, SE (Yaya) menilai peran DKSS di Sumsel tidak kalah ...