Home / Bisnis / Kembangkan LKD di Wilayah Unbank

Kembangkan LKD di Wilayah Unbank

Palembang, BP

1012.20.Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumsel, Hamid Ponco Wibowo,Layanan Keuangan Digital (LKD) kini telah berjalan di tiga kabupaten di Sumatera Selatan (Sumsel). Wilayah yang telah memiliki LKD merupakan daerah yang unbank (tanpa bank) tetapi memiliki jaringan kuat.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumsel Hamid Ponco Wibowo mengatakan, masih tingginya presentasi masyarakat yang belum terakses perbankan yakni 64 persen. Hal ini menjadi pekerjaan rumah Bank Indonesia bersama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sumsel untuk dapat terus memperkecil tingkat unbank di tahun 2016.

Baca:  BSB Bagi Suvenir Saat Buka Rekening

Bank Indonesia terus menganalisis wilayah mana saja yang semakin berpotensi untuk pengembangan LKD. “Riset kita membantu perbankan yang ingin mengembangkan LKD di kabupaten/kota, terpilihnya wilayah itu yang memiliki sinyal baik dan jauh dari perbankan. Kita mulai dari 3 kabupaten, yakni Ogan Ilir (OI), Banyuasin dan Musi Rawas, harapannya kedepan LKD semakin familiar,” katanya.

Baca:  Bank Woori Siapkan Dana Rp45 M

Dikatakannya, progress LKD sejauh ini masih berjalan. Perbankan yang bisa melakukan LKD adalah bank yang sudah siap infrastrukturnya. Saat ini baru ada dua bank besar yang telah mengembangkan LKD tersebut. “Sebetulnya ada 15 kriteria untuk daerah yang layak mendapat LKD tetapi kami prioritaskan yang punya sinyal telekomunikasi yang kuat, dua perbankan yang telah melakukan LKD cukup progresif melayani masyarakat di tiga daerah itu,” katanya.

Baca:  Genjot Pembiayaan Sektor Komersil

Menurutnya, dengan adanya LKD di wilayah yang jauh dari perbankan akan meningkatkan aksesibilitas masyarakat terhadap jasa keuangan. “Program ini untuk menghilangkan hambatan bagi masyarakat untuk memperoleh akses terhadap jasa keuangan sehingga bisa meningkatkan taraf hidupnya,” katanya.

Sementara itu, dari sisi perbankan, tingginya persentase unbank disebabkan mahalnya pendirian kantor cabang, formalitas tinggi, dan teknologi informasi belum mendukung juga efisien.#pit

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Sosialisasi Bahaya Narkoba, Pusri Ajak Karyawan Hidup Sehat

Palembang, BP PT Pupuk Sriwidjaja Palembang (Pusri) menggelar sosialisasi bahaya narkoba, kepada kurang lebih 500 karyawan, Selasa (16/4). Direktur Produksi ...