Home / Headline / Gunung Dempo Aman Untuk Wisatawan

Gunung Dempo Aman Untuk Wisatawan

gunung dempoPagaralam, BP
Petugas Pos Pemantauan Gunung Api Dempo, Mulyadi kemarin mengungkapkan berdasarkan hasil pemantauan yang ada baik melalui rekaman seismograf maupun melalui visualisasi kondisi kekinian Gunung Api Dempo aman baik untuk warga maupun wisatawan yang hendak melakukan aktivitas pendakian.

“Sejauh ini kondisi gunung Dempo aktif normal dan aman untuk aktivitas pendakian,” ungkap Mulyadi

Menurutnya, meski sekarang aman namun mengingkat Dempo bersifat fluktuatuf, kedepan pihaknya belum dapat dipastikan untuk menentukan kondisi kegempaan, baik itu mengalami penurunan ataupun sebaliknya.

“Akan tetapi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) di Bandung hingga kini masih menetapkan status Gunung Api Dempo berada di level I, atau normal saja,” katanya.

Baca:  Dempo Diguncang Gempa Vulkanik

Dikatakan Mulyadi, berdasarkan rekaman alat seismograf selama sepekan lalu, hanya terjadi duakali tektonik jauh pada Rabu (18/11) lalu. Sedangkan sepanjang pagi hingga sore hari, kebanyakan tampak jelas meski diselimuti awan tebal di puncak dempo, terkadang diguyur hujan.

“Selama sepekan lalu pesawat seismograf PS-2 mencatat kegempaan hanya terjadi sebanyak 2 kali tektonik jauh, sedangkan
geothermal nihil, Low Frekuensi nihil, embusan nihil, dan tremor nihil,” kata Mulyadi

Sementara dari hasil pengamatan secara visual dan seismik selama Januari 2013 menyimpulkan, Merapi GAD saat ini statusnya normal, atau level I.

Baca:  Angin Badai Landa Puncak Dempo, Pendakian Ditutup

Sementara itu, Kepala BPBD Kota Pagaralam Herawadi, melalui Kasi Logistik, Kusmi Effendi, Gunung Api Dempo yang merupakan gunung tipe A, sekaligus paling aktif di dataran tertinggi Sumatera Selatan. Namun meski demikian tidak menunjukkan peningkatan aktivitas yang menonjol, terutama aktivitas vulkanik dari dalam kawah Dempo, dari informasi yang didapat dari Pos Pengamatan Gunung Api Dempo.

“Berdasarkan laporan Pos Pengamatan Gunung Api Dempo, kami menyimpulkan sekaligus menginformasikan bahwa kondisi Gunung Api Dempo (GAD) sementara ini aman, terutama untuk pendakian,” kata Kusmi Effendi.

Lebih jauh Kusmi mengatakan, bagi instansi maupun para komunitas pecinta alam yang akan melakukan aktivitas di kawasan Gunung Api Dempo, hendaknya terlebih dahulu berkoordinasi dengan BPBD Pagaralam, guna menghindari hal yang tidak diinginkan. Pasalnya, gejolak fenomena alam tidak bisa diprediksi sebelumnya.

Baca:  Dempo Diguncang Gempa Vulkanik

Terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Samsul Bahri menyampaikan, tiap momen libur panjang Kota Pagaralam dijadikan destinasi atau tujuan utama kunjungan wisatawan dari berbagai belahan daerah, termasuk mancanegara. “Diprediksi, jika kondisi gunung api Dempo masih dalam kondisi aman, kunjungan wisatawan akan meningkat terlebih menjelang libur sekolah, natal dan tahun baru,” katanya.#dar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Cabor Panjat Tebing Muba Raih Tiga Medali Emas

Prabumulih, BP–Kontingan Musi Banyuasin ( Muba) berhasil mengawinkan medali emas dari nomor speed classic perorangan putra dan putri, cabang olahraga ...