Home / Headline / Sedekah Bumi, Momen Meminta Berkah

Sedekah Bumi, Momen Meminta Berkah

Sedekah Bumi merupakan upacara adat sebagai ucapan rasa syukur kepada Sang Pencipta. Selain menjalin tali silaturahmi antar-warga, acara ini juga untuk meminta berkah agar hidup dipermudah.

2811.01.KAKI.HASSTRADISI Sedekah Bumi sering dilakukan pada awal atau akhir tahun. Tradisi ini untuk meminta keselamatan kepada Tuhan agar warga jauh dari marabahaya, serta penghasilan dari bumi menjadi subur, masyarakat damai, rukun dalam menjalani kehidupan antar-sesama.

Seperti yang dilakukan oleh masyarakat Bumi Serepat Serasan, yang telah dilanda musim kemarau panjang dan akan menghadapi pesta demokrasi, berupa pemilihan kepala daerah untuk pertama kalinya pada 9 Desember mendatang.

Sedekah Bumi di Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), daerah otonomi baru yang akan mulai memilih bupati, dibuka dengan membaca Surah Yasin bersama dan ditutup dengan doa secara berkesinambungan  dipimpin oleh pemangku adat, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

Setelah itu dilanjutkan berbagai macam seremonial dan hiburan, seperti memotong tumpeng, melepas sepasang burung merpati, dan ditutup dengan panjat pinang sebagai hiburan rakyat.

Dede Apriandi, Koordinator Sedekah Bumi, mengatakan, kegiatan ini merupakan ide dari Ir H Sastra Suganda, tujuannya tidak lain agar terjalin silahturahmi antar-warga, dan masyarakat dapat bersyukur serta meminta berkah dari yang Maha Kuasa.

“Sedekah Bumi minta berkah dan jauhkan dari musibah. Apalagi menghadapi pesta demokrasi, meminta agar pemilihan kepala daerah (pilkada) PALI berjalan sukses tanpa ada hambatan,” ujar Dede.

Sementara itu, selaku Dewan Pembina Pemangku Adat Kabupaten PALI, Ir H Heri Amalindo, MM, mengucapkan rasa kagumnya atas sambutan masyarakat Talang Ubi Barat, yang begitu antusias menghadiri acara hajatan Sedekah Bumi dan doa bersama yang diselenggarakan oleh Sastra Suganda itu.

“Dengan hajatan seperti ini inshaa Allah akan mempererat tali persaudaraan antar-sesama warga, sekaligus menjaga bumi kita terhindar dari segala marabahaya,” ujar Heri.

Terpisah, Sastra Suganda mengucapkan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang turut menyukseskan acara ini. “Kami mengucapkan rasa terima kasih kepada semua pihak, terlebih kepada pasangan calon (paslon) nomor satu, Heri Amalindo, karena Pak Heri orang yang pantas menjadi Bupati PALI, beliau telah berhasil membangun infrastruktur Kabupaten PALI, selama menjadi Penjabat Bupati PALI,” katanya. # habibi m aribi

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Zaskia Gotik Meriahkan  Panggung Prajurit dan Pesta Rakyat di Lanud SMH Palembang

Palembang, BP PANGKALAN TNI Angkatan Udara Sri Mulyono Helambang (SMH) Palembang, menggelar acara Panggung Prajurit dan pesta rakyat yang dikemas ...