Home / Sumsel / Intel Kodam Tangkap Tiga Anggota BIN Gadungan

Intel Kodam Tangkap Tiga Anggota BIN Gadungan


Picture1Palembang, BP
Tim intel Kodam II/Swj yang terdiri dari Deninteldam II/Swj, Tim Intel Korem 044/Gapo dan Unit Intel Kodim 0402/OKI berhasil menangkap  Yusrizal Efendi (41), warga Palembang, Alamsyah (37), warga Sekayu dan Amrullah (34), warga Sekayu di Jalan. Lintas Timur Km. 36 Inderalaya, Rabu (25/11)  lantaran ketiga warga tersebut mengaku anggota Badan Intelijen Negara (BIN).
Selain menangkap dan mengamankan ketiga pelaku, Tim Intel Kodam II/Swj mendapatkan juga barang bukti dua pucuk senjata api jenis FN yang tidak mempunyai nomor lengkap dengan 31 butir amunisi Cal 9 mm, Surat Tugas palsu serta 1 unit kendaraan jenis Pajero Sport.
Adapun penangkapan tersebut berawal, pada Selasa (24/11) sekitar pukul 10.00 , di Kantor Pemkab Ogan Ilir(OI) datang tiga orang tamu yang mengaku dari BIN ingin menemui  Yulizar Dinoto (Penjabat Bupati OI).
Namun saat itu sang Bupati akan ke ruang rapat, sehingga untuk menemui tamu tersebut ditunda.
Entah apa tujuannya, karena tidak berhasil menemui Bupati ketiga pelaku marah-marah.
Setelah ditemui oleg Herman (Sekda OI) ke tiga pelaku  tersebut diajak keruang Sekda untuk berbincang- bincang. Dalam perbincangan tersebut, intinya Bupati dapat ditemui pada hari Rabu, 25 Nopember 2015 pukul 10.00.
Sesuai yang dijanjikan Sekda OI, keesokan harinya, Rabu (25/11), ketiga orang tamu yang mengaku dari BIN datang kembali ke Kantor Pemkab OI untuk menemui Sekda.  Namun ketika akan masuk keruang Sekda telah ada Mayor Inf Mujari, Kasdim 0402/OKI yang memang terlebih dahulu datang untuk memastikan identitas para tamu tersebut apakah memang benar dari BIN atau bukan.
Mengetahui bahwa orang yang bersama dengan Sekda itu adalah Kasdim, maka ketiga pelaku tersebut bergegas pergi dan langsung keluar meninggalkan Kantor Pemkab OI. Melihat gelagat yang kurang baik dan tingkah laku mencurigakan dari ketiga orang tersebut, Deninteldam II/Swj, Tim Intel Korem 044/Gapo, Unit Intel Kodim 0402/OKI dan anggota Satpol PP langsung melakukan pengejaran.
Ketiga orang tersebut berhasil ditangkap didekat salah satu toko Jalan. Lintas Timur Km. 36 Inderalaya.
Selanjutnya dibawa Kantor Koramil 402-07/Inderalaya untuk dilakukan pemeriksaan. Dari hasil pemeriksaan ternyata ketiga orang tersebut adalah anggota BIN palsu alias gadungan dan didapat juga 2 pucuk pistol jenis FN beserta 31 amunisi cal 9mm dan Surat tugas Palsu.
Selanjutnya, ketiga anggota BIN gadungan beserta barang bukti termasuk kendaraan Pajero Sport yg digunakan diserahkan ke Polres OI untuk dilakukan pemerikasaan lebih lanjut.
Terkait hal tersebut, Kapendam II/Swj Kolonel Arh Syaepul Mukti Ginanjar, S.I.P., menghimbau kepada masyarakat agar waspada terhadap oknum masyarakat yang mengaku sebagai anggota BIN atau anggota TNI.
“Anggota BIN atauanggota TNI yang sesungguhnya tidak akan melakukan perbuatan yang tidak terpuji”, ujarnya.#osk
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Thia Yufada dan Gerakan Literasi di Muba

Oleh : Maspril Aries Wartawan Utama/ Penggiat Kaki Bukit Literasi Gerakan literasi di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) terus bergerak. Ketua ...