Home / Headline / Areal Perkebunan Kopi Berkurang

Areal Perkebunan Kopi Berkurang

437190_03504519052015_kebun_kopiPagaralam, BP
Sebagai daerah penghasil kopi yang cukup potensial Kota Pagaralam seyogianya dapat meningkatkan produksi kopi tiap tahunnya. Namun pada kenyataannya produksi kopi Pagaralam terus berkurang bahkan yang lebih ironisnya lagi lahan perkebunan kopi terus berkurang.

“Setiap tahun kopi Pagaralam yang masuk ke gudang kita terus berkurang, bahkan di musim tahun 2016 mendatang produksi kopi akan0terus berkurang mengingat tahun 2015 ini terjadi kemarau panjang,” ungkap Likut salah seorang agen kopi di Pagaralam, kemarin.

Kondisi yang ada tak sedikit lahan tanaman kopi petani sudah beralihfungsi. ‘Disulap’ menjadi areal pemukiman (perumahan, red), selain itu dialihfungsikan menjadi areal bercocok tanaman sayuran, tambahnya.

Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kota Pagaralam, M. Syarbani, melalui Kabid Kelembagaan dan Hasil Produksi Perkebunan, Sudrajat membenarkan jika lahan perkebunan kopi di pagaralam terus bekurang.

Menurutnya kondisi lahan perkebunan kopi di beberapa wilayah yang ada di Pagaralam belakangan sedikit mengalami pengurangan akibat alihfungsi lahan. #dar

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Akbar Otak Pelaku Perampokan Disertai Pembunuhan Sofyan Diringkus

Palembang, BP Buron selama sepuluh bulan, Suhaili (37) alias Akbar alias Atok otak pelaku perampokan disertai pembunuhan terhadap Sofyan sopir ...