Home / Headline / Minta Serius Tangani Bencana Asap di Sumsel

Minta Serius Tangani Bencana Asap di Sumsel

Palembang, BP

wakil-ketum-dpp-gerindra-edhy-prabowo_20151105_152559Hanya beberapa hari saja merasakan segarnya udara di pagi hari, kini mau tak mau warga kembali hirup asap yang hadir lagi di kota Palembang.
Terlihat, Kamis (5/11), kabut asap menyelimuti kawasan Sungai Musi Palembang. Kabut asap juga hampir menuntupi Jembatan Ampera.
Menyikapi hal tersebut Ketua Komisi IV DPR RI  yang juga Wakil Ketua DPP Partai Gerindra Edhy Prabowo meminta agar penanganan asap ini di sikapi serius oleh  pemerintah dengan penegakan hukum, evaluasi izin yang sudah ada terutama di Sumsel.
“Apakah izin-izin yang di lahan gambut itu perlu kita evaluasi , kalau perlu kita ganti ditukar, itu tehnis itu menteri kehutanan sudah ada rencana itu, mind set cara berpikir kita jangan melihat mengurus hutan ini bukan penanggulangan, kalau ada bencana baru ditanggulangi, jadi ngurus hutan dan lahan ini pencegahan, sebelum terjadi kita lakukan , itu lebih murah,” katanya disela-sela acara Fraksi Partai Gerindra di DPR RI dan Fraksi Partai Gerindra DPRD Sumsel melaksanakan kegiatan bakti sosial dan pembagian 500 paket sembako termasuk obat-obatan dan masker kepada warga kurang mampu di Palembang di kawasan BKB dan bawah jembatan Ampera tersebut, dihadiri langsung Wakil ketum DPP Gerindra Edhy Prabowo, ketua DPD Gerindra Sumsel Saifuddin Aswari, dan kader Gerindra lainnya.
Selain itu langkah pemberian anggaran kepada Menteri Kehutanan harus di perbesar 2016 , dimana Menteri Kehutanan akan mengelola banyak sektor seperti di BP Das, penanggulangan titik panas, infrastruktur di lapangan diperkuat, polisi hutan di perkuat, kepala dinas di perkuat, kalau ini tidak di lakukan mohon maaf , kebakaran hutan dan lahan tahun depan akan terjadi kembali dan ini seolah menjadi proyek , ini yang Gerindra tidak mau,” katanya.
Dia memastikan kalau Fraksi Gerindra DPR RI yang paling keras dalam rangka mengkonflain pemerintah dalam rangka anggaran , karena anggaran di kehutanan sangat kecil hanya Rp 52,500 perhektar .
” Sementara kita ada 120 juta hektar lahan , itu hanya dapat Rp 6,3 triliun padahal permintaan menterinya lebih dari itu, kita harapkan dalam APBN walaupun akhirnya Gerindra ikut menyetujui tapi dengan catatan dari awal kita tidak setuju tapi demi kebersamaan ngurus bangsa kita ikut menyetujui dengan catatan menteri bersedia untuk memperhatikan kedepannya, saat pembahasan APBN P akan menjadi prioritas, kita tunggu nanti,” katanya.
Dia mengatakan Fraksi Gerindra DPR RI sebelum masa reses patungan uang Rp12 juta untuk di dedikasikan kepada masyarakat yang berdampak langsung asap di Indonesia termasuk Sumsel.
“Ini aksi spontan untuk ikut bersama-sama berbagi kasihlah walaupun kita tahu ini tidakmenyelesaikan masalah, masalah asap ini akan selesai kalau kita solid, kalau program solid dan anggarannya terarah ke arah sana , itu sudah diperjuangkan fraksi Gerindra dan ini bagian kecil yang kita lihat sebagai gerakan moral yang di motori ketua DPD Gerindra Sumsel H Saifuddin Aswari dan kami berharap ini terus berjalan dan bermanfaat,” katanya.
“Anggota fraksi Gerindra di DPR RI patungan Rp 12 juta masing-masing sebagai bentuk dedikasi ke masyarakat yang menjadi korban asap. Kemarin kita ke Riau, dan ini aksi spontanitas untuk berbagi kasih, meskipun ini bukan menyelesaikan asap,”kata Edhy Prabowo.
Menurut Edhy masalah asap akibat kebakaran lahan dan hutan, harus didukung semua pihak, sehingga masalah ini bisa teratasi.
“Kalau semua kompak semua akan bisa diselesaikan, dan program untuk memperjuangkan hal itu sudah Gerindra lakukan. Di mana ini moril yang dikoordinir ketua DPD, dan bisa bermanfaat serta berjalan terus,” terangnya.
Selain itu menurut Edhy Fraksi Partai Gerindra RI  bersama Fraksi Partai Gerindra Sumsel juga  menggelar acara bakti sosial nasional peduli Pasca bencana asap Sumatera di Desa Tanjung Batu Seberang , Kabupaten Ogan Ilir (OI) setelah di Palembang.
Dalam bakti sosial tersebut  yang dilaksanakan di kawasan BKB dan bawah jembatan Ampera tersebut, dihadiri langsung Wakil ketum DPP Gerindra Edhy Prabowo, Ketua DPD Gerindra Sumsel Saifuddin Aswari, dan kader Gerindra lainnya seperti Sekretaris DPD Partai Gerindra Sumsel Nopran Marjani, dan jajaran DPD Partai Gerindra Sumsel seperti diantaranya H Budiarto Marsul, Kartika Sandra Desi, Sujarwoto, Efrans Effendi.
Sedangkan Ketua DPD Gerindra Sumsel Saifuddin Aswari menambahkan, pihaknya jelas ingin berbagi dengan masyarakat yang rezekinya belum sebaik dirinya.
“Kita minta, Gerindra untuk membagikan sembako kepada pedagang asongan, ini sebagai buah tangan,” katanya.
Sekretaris DPD Gerindra Sumsel Nopran Marjani menambahkan, jika dalam kegiatan bakti sosial ini pihaknya membagikan sekitar 500 paket sembako, obat-obatan berupa tetes mata, masker.
“Kita juga melakukan pengobatan gratis di Kecamatan Tanjung Batu Ogan Ilir, dan vitamin buat anak-anak, serta buku belajar. Ini bentuk kepedulian Gerindra di Indonesia khususnya Sumsel,” pungkasnya.
Sebelumnya Fraksi Partai Gerindra DPR RI memulai masa reses pada akhir masa sidang ketiga tahun ini dengan menggelar bakti sosial di wilayah-wilayah yang terkena dampak bencana asap, yaitu Riau, Jambi, Sumsel, dan Kalimantan Tengah.
Secara teknis, kegiatan ini dilaksanakan oleh Persatuan Istri Anggota Dewan Gerindra (Pindra) dengan membagi-bagikan masker, tabung oxygen, vitamin, obat-obatan, makanan ringan, serta sembako kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan. Partai Gerindra juga membuka layanan kesehatan dan ambulans di kantor DPD dan DPC yang dapat diakses oleh masyarakat secara cuma-cuma.
Seperti diketahui, terdapat puluhan ribu anggota masyarakat yang terserang penyakit, umumnya ISPA, di wilayah-wilayah terdampak kabut asap tersebut. Partai Gerindra turut membantu penanganan dampak kabut asap karena fasilitas layanan yang ada dirasakan tidak memadai.
“Sebenarnya kegiatan ini sudah dilakukan secara sporadis di setiap DPC selama 2 bulan terakhir. Kali ini kami turun langsung untuk berkoordinasi agar penanganan lanjutan terhadap korban asap dilakukan secara tepat,” ujar Himmatul Aliah.

    Lebih lanjut, Ketua Pindra ini mengajak agar seluruh lapisan masyarakat turut bergabung bersama Partai Gerindra untuk memobilisasi bantuan bagi masyarakat yang jatuh sakit setelah sekian lama menghirup asap akibat kebakaran hutan.#osk
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

4 Tersangka Korupsi Tugu Tapal Batas Banyuasin-Palembang Ditahan

Palembang, BP Empat tersangka dugaan tindak pidana korupsi tugu tapal batas Palembang-Banyuasin ditahan kejaksaan negeri (Kejari) Palembang, Rabu (17/7). Penahanan ...