Home / Headline / Kabut Menipis, Jarak Pandang Membaik

Kabut Menipis, Jarak Pandang Membaik

#Hujan Turun di Banyuasin dan Muba

Palembang, BP
IMG-20150915-WA0002Semenjak tiga hari terakhir, paparan kabut asap di Kota Palembang dan sekitarnya menipis. Hal ini pun berpengaruh baik terhadap jarak pandang penerbangan yang tak lagi rendah.

Kepala Observasi dan Informasi BMKG Sumsel Agus Santosa mengatakan, meski titik api masih cenderung meningkatan  namun sebaran kabut asap dipastikan mulai menipis seiring mulai membaiknya jarak pandang di beberapa daerah.

Menurutnya, kabut asap hingga saat ini masih terus terjadi namun sebarannya tak meluas karena beberapa wilayah sempat mendapat guyuran hujan.

“Walau hujan, jumlah titik api yang fluktuatif pun masih terus ada. Tetapi meski masih berasap namun untuk visibility sudah sangat jauh lebih baik,” katanya, Selasa (3/10).

Jarak pandang sudah berangsur normal tersebut dikarenakan hujan yang turun. Dia mengatakan saat ini jarak pandang terpantau pukul 06.00 yakni diatas 1 kilometer. Sementara untuk sore hari jarak pandang pun kembali terus membaik yakni pada pukul 18.00 wib tercatat visibilty 3,8 kilo meter.

Meski sempat diguyur hujan dalam sepekan terakhir ini, namun belum membuat wilayah Provinsi Sumatera Selatan terbebas dari titik api. Dari pantauan satelit Aqua/Terra MODIS, sebaran titik api berdasarkan tercatat kembali meningkat yakni 311 titik dimana wilayah OKI menjadi yang terbanyak dengan 217 titik api.

Sementara Komandan Satgas Danrem 044 Gapo Kolonel (Inf) Tri Winarno mengatakan, dari laporan tim lapangan di sejumlah daerah terjadi hujan pada pagi hari (3/11) kemarin. Seperti hujan dengan intensitas deras terjadi di Bayung Lencir tepatnya di kecamatan Runggal Jaya dari pukul 08.00 hingga pukul 10.00.

“Tentu dengan adanya hujan cukup membantu pemadaman titik api yang selama ini dilakukan baik dari darat maupun udara,” terangnya.

Hujan pun juga turun di Kecamatan Sungai Lilin, Banyuasin pukul 05.45-06.15 dengan intensitas sedang tepatnya di Desa Mekarjadi, Linggarsari, Sumber Rejeki dan lainnya.

“Sejumlah kecamatan lain seperti Babat Supat pukul 05.50-06.30 dengan intensitas sedang, Kecamatan Keluang pukul 05.45-06.10 hujan intensitas sedang dan kecamatan babat supat dan keluang pun hujan,” jelas Tri

Lebih lanjut dia mengatakan, upaya pemadaman juga terus dilakukan oleh tim pemadam udara dan darat dengan fokus pemadaman masih tetap diwiliyah titik api terbanyak di OKI dan Muba.

Pemadaman via udara maupun darat terus dilakukan guna mempercepat pemadaman titik api. Pihaknya berharap hujan akan tetap turun terutama di daerah yang banyak titik apinya banyak sehingga dapat membantu pemadaman.

Mengenai pesawat tambahan, pihaknya hingga saat ini belum mendapatkan informasi mengenai pesawat baru dari BNPB Pusat. “Untuk saat ini kita masih mengoptimalkan jumlah armada pemadaman yang ada, sementara rencana penambahan masih kita tunggu dari pihak BNPB,”pungkasnya. #idz

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Hadiri HUT Palembang, Gubernur Herman Deru Berikan Kado Istimewa 

Palembang, BP–Hari jadi Kota Palembang ke 1336 yang diperingati Senin (17/6) terasa lebih spesial. Ini karena Gubernur Sumsel Herman Deru ...