Home / Sumsel / Empat Lawang / Alex Sedih dan Malu Empatlawang Tertinggal

Alex Sedih dan Malu Empatlawang Tertinggal

# Syahril Hanafiah Terima SK Plt Bupati Empatlawang

Palembang, BP
Alex-Noerdin-Gubernur-Sumatera-SelatanSumatera Selatan merupakan salah satu provinsi yang kemajuan pembangunannya diperhitungkan secara nasional dalam beberapa tahun ini. Namun salah satu kabupatennya, yakni Empatlawang dinilai masih tertinggal dibandingkan 16 kabupaten/kota lainnya di Sumsel.

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mengungkapkan, pihaknya telah menjadikan Sumsel sedemikian maju daripada sebelumnya. Dirinya telah menjadi Sumsel sebagai salah satu provinsi terbaik di Indonesia, namun ironis, Empatlawang masih belum bisa berkembang dengan baik.

“Saya sedih dan malu (akan kondisi ini-red) karena saya berasal dari daerah tersebut. Bisa saja saya serahkan begitu saja SK ini kepada Pak Syahril, namun sengaja saya gelar secara terbuka dihadapan Wakil Gubernur, Sekda, Ketua DPRD Sumsel, jajaran SKPD serta DPRD Empatlawang untuk mendengar instruksi langsung dari saya,” ungkapnya saat penyerahan Surat Keputusan (SK) Pelaksana Tugas (Plt) Bupati terhadap Wakil Bupati Empatlawang di Graha Bina Praja, Senin (2/11).

Selama ini yang timbul di Empatlawang , kata Alex, hanyalah berbagai persoalan mulai dari keamanan, politik, hingga program pembangunan dari provinsi dan pusat yang berjalan sangat mandek.

Alex menginstruksikan agar seluruh jajaran SKPD dan DPRD Empat Lawang untuk mendukung penuh Syahrial, bukan sebagai individu namun sebagai pejabat bupati yang asalnya wakil bupati ini. Berdasarkan SK Mendagri tersebut, Syahril telah memiliki hak dan wewenangnya sebagai bupati, selagi Budi Antoni diberhentikan sementara.

Selepas menyerahan SK ini, gubernur berharap roda pemerintahan di Empatlawang dapat berjalan lancar dan program pembangunannya terus dikembangkan.

“Seluruh jajaran SKPD harus siap membantu program pembangunan pejabat bupati untuk menyeimbangkan, jangan terlalu tertinggal. Dia (Syahril-red) tidak akan bisa bekerja dengan baik bila tidak didukung penuh,” ujarnya.

Dirinya pun meminta kepada Syahril untuk menempatkan orang yang tepat di posisi yang juga tepat. Alex pun mengimbau Syahril tidak boleh meninggalkan kabupatennya kecuali atas izin gubernur. DPRD pun diminta untuk mengawasi betul kerja pemerintahan kabupaten agar semua programnya sesuai dengan rencana.

“Sekarang ini belum ada yang bisa dibanggakan oleh Empatlawang kecuali melawan. Sekarang tidak zaman lagi ‘belago’. Main otak dan strategi sekarang. Melawan yang benar dan pintar, rangkul semua. DPRD itu mitra bukan musuh,” tutur Alex.

Bila selama melakukan tugas dan kewajibannya Syahril tidak baik dan sesuai, Alex mengutarakan, akan merekomendasikannya kepada Menteri Dalam Negeri untuk diganti. Saat ini Syahril diberikan kesempatan terlebih dahulu untuk memimpin pembangunan daerah, jangan dirongrong terus.

“Tolong dicamkan, gunakan dan manfaatkan waktu 2,5 tahun hingga berakhir masa kepemimpinan dengan baik. Kalau pemerintahan diselenggarakan secara bertahap sesuai rencana dengan baik dan kepemimpinan yang benar, mudah-mudahan lancar. Kalau tidak sanggup, ajukan pengunduran diri. Dengan senang hati saya setujui. Mohon maaf kalau saya ngomong keras. Ini karena saya marah dan sedih,” tegasnya.

Sementara itu Plt Bupati Empatlawang yahril Hanafiah mengatakan, pihaknya siap mengemban tugas yang diamanatkan ini untuk mengimbangi pembangunan Kabupaten Empatlawang dengan kabupaten lain.

Dirinya akan memulai pembangunan dengan kondisi yang lebih utamakan khususnya di bidang pedesaaan, masyarakat, listrik dan air bersih. Dia pun siap memantau beberapa program provinsi di daerahnya seperti sekolah dan berobat gratis.

“Kalau itu berjalan sangat baik tentu pasti ada perubahan besar, bidang infrastruktur Empat Lawang sudah 80 persen ada akses jalan. Sementara untuk keamanan  kita tingkatkan  dengan mengaktifkan tripika yakni kerjasama Camat, Danramil dan Polsek,” ujarnya.

Lebih lanjut, tambah Syahril tahun depan, pihaknya akan meningkatkan kembali kinerja Kepegawaian di Empatlawang . Pihaknya akan memberikan tunjangan penghasilan supaya pegawai kami dapat lebih meningkatkan kinerja.

“Sejauh ini daerah kami memang memelukan lebih banyak pegawai khususnya untuk guru dan petugas kesehatan yang masih banyak kurang,” pungkasnya.#idz

x

Jangan Lewatkan

Dodi Rangkul 3 Kelompok Suporter

    Palembang, BP–Sriwijaya FC mengalami empat kekalahan beruntun, kalah dari Madura United 0-3, Barito Putera 0-2, PSM Makassar 3-4, ...