Home / Headline / Habis Asap, Terbit Pancaroba

Habis Asap, Terbit Pancaroba

#Palembang Rawan Angin Kencang, Waspadalah…Waspadalah…
 Palembang, BPputing beliung
Palembang diguyur hujan deras, Jumat (30/10) pukul 14.42. Walaupun tidak lama, cukup membuat lega warga setelah lebih dari tiga bulan Palembang tidak dibasahi hujan.
Kasi Kepala Seksi Observasi dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Kenten Indra mengatakan curah hujan belum intens, tetapi pertumbuhan awan sudah mulai muncul meskipun tidak merata.
Sebelumnya kawasan Perumnas, Kenten sudah mulai hujan gerimis dan hujan deras kemarin. Saat ini masih masuk musim perubahan cuaca (pancaroba). Angin dari pantai Timur dari pulau Bangka dan membawa pertumbuhan pertama ke daerah Banyuasin OKI, Musi Banyuasin dan sebagian Kota Palembang.
Dijelaskan, angin dari pantai Barat, membawa pertumbuhan awan di Muaraenim, Lahat, dan Pagaralam. “Justru waspada di musim pancaroba adalah angin kencang dan puting beliung,” ujar Indra.
Diakui Indra, tahun ini musim hujan mengalami kemunduran dan musim kemarau terjadi lebih panjang. Menurutnya, musim penghujan biasanya terjadi pada bulan Oktober awal namun baru terjadi sekarang.
Alhamdulillah sebetulnya harus patut disyukuri, karena musim hujan sudah mulai masuk,” katanya.
Namun, Indra mengimbau agar masyarakat waspada dan waspada selama musim pancoroba, Kota Palembang rentan akan angin kencang dan daerah rawan puting beliung di antaranya, Muaraenim, OKI, Ogan Ilir, Banyuasin, Musi Rawas, Pagaralam dan sebagian daerah Musi Banyiasin (Muba).
“Kita berharap, masyarakat waspada selama musim pancaroba,” katanya.
Dijelaskan Indra, bisa dikatakan musim hujan apabila intensitas hujan selama 10 hari volume hujan 50 mili meter (mm) dan diikuti hari berikutnya. “Dari data statistik BMKG, saat ini variasi hujan masih kecil dan durasinya juga tidak lama,” jelasnya.
Indra mengimbau, agar masyarakat tetap mengenakan masker karena kabut asap masih terjadi pagi dan malam. “Sehingga level udara tidak sehat. Selain itu, waspada juga selama musim pancaroba terhadap angin kencang dan puting beliung,” imbuhnya. #ren
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

FP2TKL Dukung Sarimuda-Rozak

Palembang, BP Serikat buruh dan Forum Pedagang Pasar, Toko dan Kaki Lima (FP2TKL) kota Palembang berharap Ir H Sarimuda Sarnubi ...