Home / Sumsel / Banyuasin / Warga Pergoki Pencuri Pembangkit Tenaga Surya

Warga Pergoki Pencuri Pembangkit Tenaga Surya

Banyuasin, BP
Warga Sterio, Kecamatan Banyuasin III menggagalkan pencurian papan tenaga surya untuk menghidupkan lampu jalan di sekitar rumah sakit umum Banyuasin, KM 51 jalan lintas timur Palembang-Betung, Kamis (29/10) dinihari.
Tiga unit panel tata surya yang sudah dicopot pelaku berhasil diselamatkan, bersama satu unit mobil kijang inova BE2075AW xmilik pelaku yang ditinggal kabur.
Lurah Seterio Santo mengatakan, para peralaku yang diperkirakan berjumlah tiga orang, berhasil melarikan diri saat kepergok petugas ronda. “Mobil pelaku tinggal, di dalam mobil ditemukan tiga unit panel tenaga surya dan tiga dompet yang diduga  milik pelaku lengkap dengan kartu identitasnya,” jelasnya.
Menurutnya, cerita di balik penangkapan itu berawal dari kecurigaan petugas jaga malam yang saat itu tengah melakukan ronda malam diseputaran Kelurahan Seterio. “Setelah warga kita melakukan pengintaian  pelaku yang lebih dari satu orang itu tengah melepas panel lampu tenaga surya.

Sontak saja warga kami yang roda itu mengendap-endap ingin melakukan penangkapan. Pada saat ingin menangkap mereka mengetahui bahwa aksinya sudah kami ketahui. Ketiganya lari masuk semak-semak, meninggalkan mobil yang digunakan untuk mengangkut hasil curian. ”
Mobil berupa isinya ini telah kami laporkan kepada pihak kepolisian Polsek Pangkalan Balai untuk dijadikan sebagai barang bukti,” katanya.

Dari barang bukti berupa KTP, pelakunya berasal dari Kabupaten Tulang Bawang, Provinsi Lampung. “Ketiga pelaku ini masing-masing bernama Hendri (26) Desa Ujung Gunung, Kecamatan Manggala, Kabupaten Tulang Bawang, Naya Dian Permana (27) warga Rt 3/4 Desa Dwi Warga Tunggal Jaya, Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulang Bawang dan  Ansori (25) Dusun Jaya Baru Rt 3/5 Desa Lembu Dalem, Kecamatan Manggala Timur, Kabupaten Manggala,” jelasnya.

Pihaknya berharap para pelaku bisa diungkap oleh pihak kepolisian karena sudah berulangkali melakukan aksi pencurian di Kelurahan tersebut. “Ini sudah sangat meresahkan, karena bukan kali ini saja panel lampu ini dicuri. Kali ini nampaknya para pencuri itu ingin menghabisi, namun berhasil kepergok duluan,” tandasnya.

Terpisah Kapolsek Pangkalan Balai AKP Andri Noviansyah melalui Kanit Rskrim Bribka Donnie  membenarkan adanya penangkapan pencurian panel lampu jalan tenaga surya oleh warga Kelurahan Seterio Kecamatan Banyuasin III. “Barang bukti sudah kami amankan. Kami tinggal menunggu laporan dari pihak yang dirugikan, agar memudahkan kami dalam melakukan pengejaran pelaku tersebut,” pungkasnya. #mew

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Pulang dari Kantor, PNS Disbudpar Tewas Tergilas Truk

Palembang, BP–Resiyanti (47) tewas setelah tertabrak truk peti kemas di depan showroom Nissan Jalan Demang Lebar Daun, Kecamatan IB I ...