Home / Headline / Pelanggan Harus Hemat 100 Watt

Pelanggan Harus Hemat 100 Watt

Palembang, BP
PLTA SUMSELSering terjadinya pemadaman listrik yang dilakukan oleh PT PLN Persero merupakan akibat tidak beroperasinya Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di wilayah Sumatera secara optimal. Tidak optimalnya PLTA ini menyebabkan defisit daya listrik dan membuat pelanggan harus menghemat hingga 100 watt.

Deputi Manager Hukum dan Humas PT PLN Wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu (WS2JB) Lilik Hendro Purnomo mengatakan, pemadaman listrik secara bergilir dilakukan karena terjadi defisit daya listrik akibat kemarau.

“Kita defisit daya listrik pada malam hari 160 Mega Watt (MW) dan pada siang hari 60 MW, maka dari itu masyarakat/pelanggan PLN harus menghemat listrik 100 watt per pelanggan, dan berlaku untuk 2.300 karyawan PLN sekitar 150 watt per karyawan. Selain itu juga, sebelumnya Gubernur Sumatera Selatan mengimbau agar kantor instansi menghemat juga dengan mengurangi penggunaan listrik jika tidak diperlukan,” katanya, Jumat (30/10).

Dikatakannya, kondisi kemarau berkepanjangan menyebabkan debit air berkurang. Beberapa PLTA beroperasi minim. Di Sumatera Barat, PLTA Maninjau 4×17 MW, PLTA Batang Agam 3×3,5 MW, total 254MW. Di Bengkulu, PLTA Musi 2x70MW, PLTA Tes 23MW, total 233 mw. Di Lampung PLTA Besai 2×45 MW, PLTA Batu Tegi 2×14 MW.

PLTA yang saat ini hanya bisa beroperasi 1-4 jam, karena debit air berkurang. PLN harus mengurangi beban puncak susai dengan daya listrik yang tersedia, yaitu dengan pemadaman listrik di beberapa tempat. “Pemadaman di Sumsel hanya sekitar 3-4 jam, tidak selama di daerah lainnya yang mencapai 6 jam,” katanya.

Beban puncak di WS2JB sekitar 950 MW untuk di Palembang sendiri 700 MW. Daya yang tersedia 1200 MW. “Kita sebenarnya surflus, tapi begitu ada yang bermasalah sehingga kita harus berbagi daya karena listrik saat ini terintergrasi se-Sumatera, dan pemadaman pun terjadi se-Sumatera. Sehingga karena kita surflus pemadaman di kita tidak banyak seperti di daerah lain,” katanya.

Selain dengan berhemat listrik, PLN pun saat ini tengah melakukan pemeliharaan mesin di beberapa daerah. Salah satunya pemeliharaan di Banjar Sari, Lahat, yang saat ini sudah masuk daya ke sistem sekitar 50 MW. Pihaknya berharap percepatan pemeliharan selesai dan segera turun hujan lebat, sehingga PLTA akan kembali normal kembali. #pit

x

Jangan Lewatkan

12 Teroris Berencana Serang Kantor Polisi di Sumsel

Palembang, BP–Sebanyak 12 terduga teroris yang ditangkap tim Densus 88 Antiteror pada Minggu (10/12) lalu masih menjalani pemeriksaan di Mako ...