Home / Headline / Jokowi Datang, Hujan Menjelang

Jokowi Datang, Hujan Menjelang

20151009_125037_resizedPalembang, BP
Presiden RI Joko Widodo tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang pukul 08.20 setelah kunjungan kerja di Amerika Serikat, Kamis (29/10). Presiden langsung bertolak menuju Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir melalui jalan darat.

Kedatangan orang nomor satu di Indonesia ini disambut dengan turunnya hujan di beberapa wilayah Sumatera Selatan. Berdasarkan citra radar cuaca Badan Meteorologi dan Geofisika Bandara SMB II Palembang pukul 10.58, awan penghujan telah tercipta dari Selat Bangka bergerak ke perbatasan Jambi dengan Kabupaten Banyuasin dengan intensitas sedang.

Kasi Observasi dan Informasi BMKG SMB II Agus Santosa mengatakan, hujan turun di wilayah Air Sugihan Kabupaten OKI, Muara Telang Banyuasin, dan sebagian wilayah Taman Nasional Sembilang pada pukul 13.18.

Namun dirinya berharap masyarakat maklum karena turunnya hujan, kabut asap akan cukup tebal. “Mudah-mudahan acceptable. Harap maklum karena masih ada proses penguapan. Air masuk tidak mencapai bawah hanya permukaan dan terjadi penguapan juga. Gambut yang masih panas pun menyebabkan air justru menguap, karenanya asap agak tebal” jelasnya.

Berdasarkan citra satelit Aqua/Terra Modis yang di update 29 Oktober 07.00 pagi, terdapat 129 titik api di Sumsel. Kabupaten OKI masih menjadi penyumbang terbanyak dengan 126 titik api.

Keberangkatan langsung presiden ke Kayuagung ini diluar jadwal resmi yang telah diagendakan sebelumnya. Pria yang akrab disapa Jokowi ini turun dari Pesawat Kepresidenan Boeing 737-800 Business Jet diiring oleh Ibu Negera Iriana Joko Widodo.

Jokowi dan Iriana disambung langsung Gubernur Sumsel H Alex Noerdin beserta istri Hj Eliza Alex Noerdin, Menkopolhukam Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Kesehatan Nila F Moeleok, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Kepala BNPB Willem Rampangilei dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawangsa, dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya telah tiba terlebih dahulu di OKI sehari sebelumnya untuk menyambut Jokowi.

Setibanya di Ruang VVIP Bandara SMB II Palembang, Jokowi masuk ke dalam ruang makan sekira 20 menit. Setelahnya langsung berangkat menggunakan mobil kepresidenan Mercedes-Benz S-600 Pullman Guard dengan plat INDONESIA 1. Presiden diiringi dengan rombongan bus dan mobil jajaran pejabat daerah Sumsel.

Dalam kunjungan ke OKI, presiden menyerahkan bantuan santunan kematian kepada empat orang tua yang anaknya meninggal akibat diperparah kabut asap.

Kemarin malam, Presiden Jokowi dan rombongan menginap di Hotel Arista, Jalan Angkatan 45 dan melakukan jamuan makan malam bersama pimpinan redaksi seluruh media di Palembang.

Hari ini, rencananya presiden akan meninjau pemadaman dan penanganan evakuasi korban asap di Kabupaten Musi Banyuasin. #idz

x

Jangan Lewatkan

Sumsel Siaga Musim Hujan

Palembang, BP Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan (Sumsel), gelar Rapat Koordinasi (Rakor) Siaga Banjir dan Tanah Longsor tahun ...