Home / Sumsel / Alex Noerdin Terima Nugra Jasadarma Pustaloka 2015

Alex Noerdin Terima Nugra Jasadarma Pustaloka 2015

Jakarta, BP

Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin menerima penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka 2015 di Gedung Sumesco, Jakarta, Kamis (29/10) malam. Pemberian Nugra Jasadarma Pustaloka untuk kategori tokoh masyarakat tersebut disampaikan Kepala Perpustakaan Nasional Sri Sulastri. Alex Noerdin  dinilai berhasil meningkatkan minat baca masyarakat melalui pengembangan perpustakaan.
Kepala Perpustakaan Nasional Sri Sulastri menegaskan, penerima  Nugra Jasadarma Pustaloka merupakan penghargaan tertinggi dari pemerintah di bidang perpustakaan. Pemberian penghargaan ini merupakan kali keempat sejak tahun 2011 yang digulirkan Wapres Budiono melalui Gerakan Nasional Indonesia  Membaca. Alex Noerdin, Yulianto, FX Hadi Rudyatmo, Ahmad Heryawan, dan Hasto Wardoyo merupakan tokoh masyarakat yang dinilai berprestasi menggalakkan gemar membaca  di tengah masyarakat.  “Generasi sukses adalah generasi yang gemar membaca. Selamat kepada penerima penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka,” kata Sri Sulastri.
Sri Sulastri berharap lebih banyak lagi tokoh masyarakat untuk mendorong generasi muda, khususnya pelajar, gemar membaca. Jadikanlah perpustakaan sahabat baik generasi muda yang bisa menghantarkan masa depan lebih baik.  
Kepala Perpustakaan Pemprov Sumsel Kabul Aman, mewakili Gubernur Alex Noerdin, usai menerima penghargaan tersebut mengatakan, perhatian Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin untuk memasyarakatkan gemar membaca di wilayah Sumsel cukup berhasil. Ini dibuktikan dengan terpilihnya H Alex Noerdin sebagai tokoh masyarakat yang menerima Nugra Jasadarma Pustaloka 2015.
Keberadaan perpustakaan di Sumsel berkembang cukup pesat. Di setiap wilayah terdapat gedung perpustakaan bahkan perpustakaan keliling. Masyarakat dengan mudah membaca berbagai buku untuk menambah ilmu pengetahuan.
Dikatakan, di pengujung tahun 2015 Pemprov Sumsel akan melaksanakan pendidikan calon pustakaloka tingkat ahli. Ini merupakan langkah awal untuk merekrut tenaga pustakawan. “Peran pemimpin daerah yang mampu memotivasi masyarakat gemar membaca adalah   Gubernur Alex Noerdin. Dan Alex satu satunya gubernur yang memperoleh penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka,” tegas Kabul Aman.   
Selain penghargaan kategori tokoh masyarakat, Perpustakaan Nasional juga memberikan kepada kategori masyarakat. Mereka yang memperoleh Nugra Jasadarma Pustaloka tingkat nasional itu adalah   TBM Dimurti (Pekalongan), Yayasan Alusi Sapo Toba (Sumut), Taman Baca Mata Aksara(DKI Jakarta), Komunitas Ngejah (Sleman), Sekolah Darurat Kartini,  dan Sugiyanto (Jogya). Kategori Jurnalis adalah YB Margantoro (Bernas, Jogyakarta). Kategori Media massa adalah Harian Singgalang. Kategori Buku Terbaik, Storypedia Binatang Darat Indonesia, Aku Bisa Bercocok Tanam dan Kenapa Bisa Begini. Kategori Perpustakaan Terbaik, Siti Indarwati, Mohamad Rotmianto dan Andrea Ardi Ananda (NTB). #duk  
x

Jangan Lewatkan

Pilgub Sumsel 2018, Posisi PDIP Dan Golkar Kuat

Palembang, BP Peneliti dari Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Kholil Pasaribu melihat pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatera Selatan (Sumsel) tahun ...