Home / Bisnis / Asap Pengaruhi Okupansi Hotel

Asap Pengaruhi Okupansi Hotel

Palembang, BP

Kabut asap cukup tebal yang menutupi wilayah Palembang sejak beberapa waktu terakhir, membuat kerugian pada beberapa lini perekonomian. Tak hanya berdampak pada penerbangan namun juga industri perhotelan. Terutama tingkat revenue (keterisian) hotel.

Public Relation The Daira Hotel Nora Amelia mengatakan, kabut asap yang sudah lebih dari satu bulan ini tentu memberikan dampak yang tidak baik bagi perhotelan, meskipun tidak signifikan. Seperti pergeseran waktu check in tamu juga beberapa event yang dibatalkan.

Baca:  Novotel Manjakan Penikmat Musik Jazz

“Pengaruhnya terhadap revenue hotel, sekitar 10-20 persen, karena beberapa event yang seharusnya dilakukan di Daira terpaksa dibatalkan juga dipindahkan jadwalnya di bulan berikutnya. Karena meeting dan event lainnya ini mempengaruhi revenue hotel,” katanya.

Dikatakannya, tamu jika membatalkan event harus mengikuti prosedur yang telah ditentukan. Jika membatalkan event pada -2 minggu hari H, maka harus membayar 50 persen dari yang telah disepakati, sementara H-3 maka harus bayar full.

Baca:  Nginap Rp200 Ribuan di Horison

“Namun ada baiknya juga, karena beberapa tamu melakukan perpanjangan kamar karena pesawat tidak bisa terbang, biasanya tamu luar provinsi, saat ini occupancy sekitar 70-80 persen,” katanya.

Marketing Communication Horison Ultima Hotel Palembang Priscilia WFS, mengatakan, kabut asap yang sekarang melanda Kota Palembang memang berdampak pada beberapa event yang seharusnya digelar di Horison namun harus dibatalkan.

“Ada beberapa event sekitar dua event yang sudah schedule tapi cancel karena kabut asap ini, terutama tamu dari luar yang sudah pasti akan menggelar acara di Horison tapi tidak bisa terbang ke Palembang. Selain cancel, ada juga yang mengalihkan acara tersebut ke bulan berikutnya,” katanya.

Baca:  Fave Hotel Tambah Ruang ‘Meeting’

Menurutnya, meeting memberikan pengaruh besar terhadap revenue hotel sekitar 60 persen. Namun, saat ini occupancy cukup terbantu dengan adanya beberapa event yang diselenggarakan oleh beberapa instansi dan juga corporate.#pit

x

Jangan Lewatkan

Dirut PT Bukit Asam Arviyan Arifin: Pabrik Pengolahan Gasifikasi Batubara Beroperasi 2022

Jakarta, BP–Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk Arviyan Arifin, Direktur Utama  PT Pertamina (Persero) Elia massa Manik, Direktur Utama PT ...