Home / Headline / AS Bantu Atasi Dampak Kebakaran Hutan dan Asap

AS Bantu Atasi Dampak Kebakaran Hutan dan Asap

Jakarta, BP

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert O. Blake Jr. (kiri) bersama Walikota Solo, FX. Hadi Rudyatmo (kanan) berfoto "selfie" usai mengunjungi "ponten" atau tempat mandi, cuci, kakus (MCK) kuno di Kampung Ngebrusan, Solo, Jawa Tengah, Selasa (13/5). Ponten yang diproyeksikan untuk menjadi ikon sanitasi nasional itubdibangun atas perintah KGPAA Mangkunegara VII dengan arsitek Belanda, Thomas Karsten pada tahun 1937. ANTARA FOTO/Hafidz Novalsyah/AB/Asf/Spt/14.

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert O. Blake Jr. (kiri) bersama Walikota Solo, FX. Hadi Rudyatmo (kanan) berfoto “selfie” usai mengunjungi “ponten” atau tempat mandi, cuci, kakus (MCK) kuno di Kampung Ngebrusan, Solo, Jawa Tengah, Selasa (13/5). Ponten yang diproyeksikan untuk menjadi ikon sanitasi nasional itubdibangun atas perintah KGPAA Mangkunegara VII dengan arsitek Belanda, Thomas Karsten pada tahun 1937. ANTARA FOTO/Hafidz Novalsyah/AB/Asf/Spt/14.

Duta Besar AS untuk Indonesia Robert O Blake, Jr mengumumkan, Amerika Serikat akan memberikan bantuan awal sejumlah 2,75 juta dolar AS untuk mendukung upaya Indonesia mengatasi dampak kebakaran hutan dan kabut asap. “Bantuan ini merupakan bagian dari upaya Amerika Serikat secara lebih luas untuk mendukung upaya Indonesia dalam menanggulangi kebakaran hutan dan menekan dampaknya terhadap kesehatan manusia, serta untuk mendukung upaya pemerintah Indonesia mencegah kebakaran hutan di masa mendatang,” kata Robert O Blake dalam edaran pers yang diterima BeritaPagi, Selasa (27/10).

Kemitraan AS dengan Pemerintah Indonesia ini akan diwujudkan dalam bentuk bantuan secara langsung kepada masyarakat yang terkena dampak kabut dan asap, meningkatkan efektivitas upaya pemadaman kebakaran yang saat ini sedang dilakukan, dan mengatasi dampaknya pada masyarakat yang rentan terhadap asap.

 Paket bantuan senilai 2,75 juta dolar AS dari Amerika Serikat meliputi pendanaan dari Badan Pembangunan Internasional AS (USAID) ditujukan untuk membantu pemerintah Indonesia meningkatkan kemampuan pusat pelayanan kesehatan mereka menangani penyakit gangguan pernapasan akibat kabut asap dan membantu Indonesia meningkatkan kesadaran publik atas bahaya asap di kawasan Indonesia. Dana ini akan disalurkan melalui Kantor USAID untuk urusan Bantuan Bencana di Luar Negeri (OFDA) melalui Palang Merah Amerika kepada Palang Merah Indonesia.

 Selain itu untuk menyediakan perlengkapan dan peralatan pelindung bagi kru pemadam kebakaran di lapangan di provinsi-provinsi yang terkena dampak terburuk akibat kebakaran hutan, terutama di Kalimantan Tengah.

          Lalu mengirimkan tim penasihat teknis dari Dinas Kehutanan AS, yang akan tiba di Indonesia minggu ini, untuk memberikan bantuan pemadaman api di hutan. Tim ini akan membawa perlengkapan tambahan pemadaman api berupa baju pelindung terhadap api, serta membantu koordinasi pemadaman, cara mendeteksi api jarak jauh, dan pengambilan gambar yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia. #osk 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Reuni Akbar SMP Negeri 38 Palembang Dihadiri Ratusan Alumnus

Palembang, BP Masih dalam suasana lebaran idul Fitri , keluarga besar alumni SMP Negeri 38 Palembang mengadakan acara reuni akbar ...