Home / Bisnis / Hanya Setengah Persen UMKM Miliki IUMK

Hanya Setengah Persen UMKM Miliki IUMK

Palembang, BP
Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mencatat baru 2.000 usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang mengantongi izin usaha mikro dan kecil (IUMK) atau setengah persen dari 400.000 UMKM yang tersebar di seluruh wilayah Sumsel.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sumsel Ahmad Rizali mengatakan, pihaknya menyayangkan masih sedikitnya pelaku UMKM yang mengajukan izin usaha mikro dan kecil (IUMK) tersebut.

Dirinya menjelaskan, pengajuan IUMK sebetulnya tidak memberatkan pelaku usaha karena dengan adanya izin, maka usaha tersebut bisa terdata, terlindungi dan dapat melakukan transaksi keuangan dengan lembaga resmi. Secara daerah, baru Kota Palembang, Kabupaten Musi Banyuasin dan Ogan Komering Ulu (OKU) Timur yang menerapkan IUMK.

“Pelaku usaha mikro dan kecil seringkali tidak mengetahui adanya pemberlakuan IUMK yang telah tertuang dalam Perpres Nomor 98 Tahun 2014 itu. Selain itu, pelaku usaha juga masih menilai belum memerlukan jasa perbankan maupun industri keuangan non bank untuk pengembangan usaha mereka,” ungkapnya, Jumat (23/10).

Padahal, dalam Perpres tersebut tertuang bahwa IUMK dapat digunakan untuk memudahkan akses pembiayaan dari industri keuangan maupun pemberdayaan dari pemerintah. Apalagi, pemerintah berencana memberikan dana bantuan sosial untuk usaha mikro dan kecil dengan skala omzet di bawah Rp50 juta pada 2017 mendatang.

Sementara itu Ketua Forum Tenaga Pendamping (FTP) UMKM Salama Sri Susanti menambahkan, selama ini usaha mikro dan kecil memang masih kurang perhatian dari berbagai pihak.

“Salah satunya dari perbankan karena untuk mengajukan pinjaman di bank butuh agunan sementara usaha mikro dan kecil itu mayoritas tidak pegang agunan,” ujarnya.

Dia mengatakan dari 400.000 UMKM yang ada di Sumsel, pihaknya baru bisa mendampingi sekitar 600 UMKM. Dalam pendampingan tersebut, pihaknya memberikan arahan berbagai hal mulai dari pengembangan usaha hingga perizinan. #idz

x

Jangan Lewatkan

Dirut PT Bukit Asam Arviyan Arifin: Pabrik Pengolahan Gasifikasi Batubara Beroperasi 2022

Jakarta, BP–Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk Arviyan Arifin, Direktur Utama  PT Pertamina (Persero) Elia massa Manik, Direktur Utama PT ...