Home / Headline / Chinook Singapura Pulang Kandang

Chinook Singapura Pulang Kandang

Palembang, BP
Armada udata penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutlah) kembali berkurang. Setelah ditinggalkan oleh Thor Australia dan Bombardier Malaysia, kini Chinook milik Singapura harus kembali ke negaranya karena operasinya telah usai berdasarkan kesepakatan sebelumnya.

Kepala Satgas Udara Karhutlah Danlanud Letkol (Pnb) Muhammad Singapura Air Force (1)Reza Yudha Fahlefie mengatakan, selama ini heli Singapura telah sangat membantu operasi pemadaman selama hampir dua minggu di kawasan Cengal, Kabupaten OKI.

“Setelah penarikan Chinook ini, kami akan segera melakukan strategi lain guna memaksimalkan sarana armada pesawat yang masih beroperasi,” jelasnya usai briefieng, Jumat (23/10).

Saat ini, dua pesawat waterbombing sewaan BNPB dari Rusia sangat efektif melakukan pengeboman di kawasan Air Sugihan, OKI. Selama dua hari bergabung dalam operasi, dua pesawat Rusia melakukan hampir 81 waterbombing.

“Hari Pertama 51 waterbombing, dan hari kedua sebanyak 30 water bombing. Tentu, penggerakan operasi udara lebih berat ketimbang darat. Karena banyak pertimbangan dalam melakukan sorti (penerbangan), water bombing dan lainnya,” ungkapnya.

Ia juga memastikan saat melakukan pemadaman titik api di tiga kawasan utama di OKI, tim operasi udara masih terhalang oleh jarak pandang yang terganggu pekatnya kabut asap. Akibatnya, dua heli tractor dipindahkan ke Lanud Pangkal Pinang.

Sementara itu, Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekontruksi BNBP Harmensyah mengatakan, kinerja pesawat Rusia Beriev BE-200 sangat membantu. Efektivitasnya membuat beberapa kawasan di Air Sugihan OKI yang masih terkepung titik api mulai menurun. #idz

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

LCC Sejarah Bentuk Karakter Pemuda Yang Tangguh

Palembang, BP Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Kodam II/ Sriwijaya Palembang, menggelar Lomba Cerdas Cermat ...